Cak Imin Sebut Pemerintah Bisa Membuat Kebijakan Apa pun karena Didukung Mayoritas Parlemen
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (PKB.or.id)

Bagikan:

ACEH - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau kerap disapan Cak Imin, menilai perlu adanya dukungan yang selaras antara pemerintah dan partai politik di parlemen dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia.

Menurut dia, banyaknya partai politik yang mendukung, maka pemerintah pusat bisa membuat kebijakan apa pun.

"Kita bersyukur semua partai-partai politik ini bersatu dominan di pemerintahan, sekarang pemerintahan ini mau bikin apa saja bisa," ujar Cak Imin dalam pidato kebangsaan bersama CSIS secara daring, Kamis, 19 Agustus.

Contoh dari Cak Imin adalah UU Cipta Kerja

Cak Imin mengatakan, keterpaduan partai politik di parlemen bisa memberikan ruang kepada pemerintah untuk bekerja secara efektif.

"Tinggal bagaimana kepemimpinan, leadership yang melibatkan ini benar-benar mengefektifkan," katanya.

Misalnya, lanjut Wakil Ketua DPR itu, saat pemerintah mencanangkan Undang-Undang omibus law Cipta Kerja. Di mana, undang-undang tersebut dapat dibuat dengan cepat berkat dukungan kuat dari partai politik mayoritas.

"Pemerintah menganggap omnibus law UU cipta kerja itu sebagai langkah yang paling efektif untuk recovery ekonomi kita. Nah, dalam waktu yang singkat bisa dibuatkan undang-undang, apapun uu-nya saat ini bisa dibuat dengan cepat," ucap Cak Imin.

Menurutnya, kecepatan membuat produk uu tersebut menunjukkan bahwa  kebersamaan ada dalam partai politik yang solid. Sehingga bisa bersama dengan pemerintah. 

"Tinggal bagaimana kekuatan masyarakat, kekuatan tokoh-tokoh agama, yang terus menerus terlibat di dalam pembangunan kita," sambungnya.

Dengan demikian, tambahnya, penerapan keterlibatan partai politik yang kuat tersebut merupakan suatu politik kesejahteraan yang inklusif. Sebab, adanya keterlibatan dari partai politik bukan secara eksklusif.

"Inilah disebut politik kesejahteraan yang inklusif yang melibatkan bukan yang ekstraktif atau eksklusif sebagai bangsa yang harus memiliki kemampuan untuk melibatkan semua pihak di dalam pelaksanaan pembangunan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cak Imin Bicara Politik Zaman Now, Pemerintah Bisa Buat Apa Saja Berkat Mayoritas Dukungan di Parlemen. Selain pendapat Cak Imin soal politik saat ini, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!