Djoko Tjandra Dapat Diskon Hukuman, MAKI Minta KY Bergerak
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman (ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, mendesak Komisi Yudisial (KY) melakukan evaluasi terkait putusan pengurangan atau diskon hukuman terhadap Djoko Tjandra dalam perkara pemberian suap kepada aparat penegak hukum dan pemufakatan jahat.

“Memang KY harus lakukan banyak evaluasi meskipun tidak bisa mengintervensi putusan tapi mereka bisa mengevaluasi dari putusan-putusan yang dapat ‘diskon’ itu,” kata Boyamin di Jakarta dilansir dari Antara, Kamis, 29 Juli. 

Boyamin menyatakan hal tersebut sebagai respons terhadap putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengurangi vonis Djoko Tjandra dari 4,5 tahun menjadi 3,5 tahun penjara. 

Menurut dia, evaluasi KY menjadi penting untuk kemudian dapat dirumuskan alasan pengurangan hukuman yang kemungkinan ternyata tidak logis.

Aroma Keganjilan dalam Diskon Hukuman Koruptor

MAKI mencium fenomena pengurangan hukuman bagi para koruptor yang tidak hanya terjadi di level Pengadilan Tinggi dalam kasus Djoko Tjandra saja. Namun,  juga terjadi di tingkat Mahkamah Agung (MA) ketika beberapa koruptor mendapatkan pengurangan hukuman.

Boyamin menambahkan rumusan itu juga bisa menjadi evaluasi bagi MA dalam melakukan pembinaan terhadap Hakim Agung maupun hakim di pengadilan banding serta pengadilan negeri.

Sebelumnya, Juru Bicara KY Miko Ginting mengatakan lembaga tersebut akan mengkaji putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengurangi hukuman terhadap Djoko Tjandra pada Rabu, 28 Juli kemarin. 

Miko mengatakan KY menaruh perhatian terhadap putusan tersebut dan beberapa putusan lainnya terutama dari pertimbangan akan pentingnya sensitivitas keadilan bagi masyarakat.

Selain itu, hal tersebut erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat terhadap kehormatan hakim dan integritas pengadilan di Tanah Air, kata Miko.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cium Gelagat Aneh Pengadilan 'Hobi' Beri Diskon Hukuman Koruptor, MAKI Desak KY Bertindak.

Selain diskon hukuman koruptor, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!