Hadapi Kejahatan Digital, Malaysia Perkuat "Cyber Army"
Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, bangun cyber amrmy (antara)

Bagikan:

ACEH - Di Malaysia, ada sejumlah besar gangguan keamanan siber dan penipuan yang dilaporkan ke polisi yang mengakibatkan kerugian besar. Kini, untuk melindungi data, privasi, dan menjaga masyarakat tetap aman dari ancaman kejahatan digital baru, dunia teknologi di negeri jiran itu mengandalkan pakar dunia maya atau spesialis keamanan dunia maya. Mereka kini disebut pahlawan tanpa tanda jasa yang merupakan garda depan industri digital di Malaysia.

“Kami tidak dapat melepaskan diri lagi dari menekankan unsur-unsur keamanan siber di setiap inisiatif, ” Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin pada Pameran dan Konferensi Pertahanan dan Keamanan Siber virtual 2021

Keamanan dari Kejahatan Digital

Menurut laporan World Economic Forum (WEF) 2021, ada kesenjangan global lebih dari tiga juta tenaga kerja keamanan siber, dengan dua juta di kawasan APAC saja.

Cisco, Symantec, Cybersecurity Ventures, ISACA, dan Intel semuanya menyatakan keprihatinannya tentang kekurangan bakat global, seperti yang disorot dalam Laporan Pekerjaan Cybersecurity 2018-2021 oleh Cybersecurity Ventures.

Bersama dengan mitra industrinya terutama MDEC, Universitas Teknologi dan Inovasi Asia Pasifik (APU) kini didirikan untuk menanggapi permintaan bakat lokal dan global.

“Keamanan siber adalah salah satu pilar utama ekonomi digital, mencatat lebih dari dua kali lipat pertumbuhan belanja TIK secara keseluruhan di negara ini selama lima tahun ke depan, menurut laporan IDC. Dengan Malaysia Cyber Security Strategy (MCSS) dan MyDIGITAL yang baru-baru ini diluncurkan, dibutuhkan 20.000 pekerja pengetahuan keamanan siber pada tahun 2025 untuk mendukung permintaan tenaga kerja keamanan siber dari industri,” kata Chief Executive Officer Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC), Surina Shukri.

Sebagai universitas teknologi digital utama Malaysia, selain menerima Penghargaan Keunggulan Pendidikan Keamanan Siber Terbaik, APU memberikan program berkualitas tinggi yang relevan dengan industri di bidang keamanan siber dan forensik digital.  

Program-program ini mematuhi standar kurikulum internasional dan persyaratan industri, dan memberikan praktik keamanan siber dunia nyata, menghasilkan rekam jejak yang sukses dari lulusan yang dapat dipekerjakan.

Infrastruktur tercanggih pertama di negara ini dan ruang belajar yang canggih – CyberSecurity Talent Zone (CSTZ) – menggabungkan sistem pemantauan keamanan siber real-time tingkat militer, pusat penelitian, dan infrastruktur simulasi.

Cyber Threats Simulation and Response Center (atau Cyber Range) dan Security Operations Center (SOC) yang lengkap mengalirkan data pemantauan langsung yang diambil dari database serangan cyber di seluruh dunia, menyediakan platform untuk praktik langsung tentang peretasan etis dan respons insiden untuk membina profesional keamanan.

Setelah menyelesaikan 50 jam menjaga SOC dan berhasil menyelesaikan semua kegiatan dalam penilaian, siswa mendapatkan sertifikat penyelesaian dari mitra industri APU TecForte.

Penggabungan profesional akademik yang berkualitas, kurikulum yang relevan dengan industri dan fasilitas kelas dunia telah menghasilkan pahlawan keamanan digital tanpa tanda jasa dari APU, yang terus-menerus mengungguli rekan-rekan mereka di kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Lulusan program keamanan digital APU telah menjadi bagian dari tenaga kerja keamanan digital global. Menurut Studi Pelacakan Lulusan Tahunan terbaru oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia, 100 persen lulusannya telah dipekerjakan setelah lulus.

Lulusan APU dilengkapi dengan kemampuan untuk mengembangkan ketrampilan dan latar belakang terkait seperti mengevaluasi paradigma desain, bahasa, algoritme, dan mendemonstrasikan teknik untuk mengembangkan sistem perangkat lunak yang kompleks dan mengeksploitasi teknologi dan aplikasi baru.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hadapi Ancaman Kejahatan Digital, Malaysia Kini Perkuat Cyber Army, Indonesia Kapan?

Selain berita soal kejahatan digital, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!