Hadapi Lonjakan Kasus Positif, Kapolri Akan Tingkatkan Akselerasi Vaksinasi COVID-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (DOK Humas Polri/VOI)

Bagikan:

ACEH - Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolri, mengatakan bahwa kepolisian akan mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi sebaran COVID-19. Hal tersebut akan dilakukan dengan cara terus menggencarkan akselerasi vaksinasi COVID-19. 

"Sehingga mau tak mau kita harus memastikan masyarakat dalam kondisi siap menghadapi. Tentunya dalam kesempatan ini strategi yang dikedepankan adalah bagaimana memastikan agar masyarakat betul-betul sudah vaksin baik dosis pertama dan kedua. Dan bagi yang sudah enam bulan tentu kita harapkan diberikan vaksin booster," terang Sigit ketika meninjau vaksinasi massal di Jababeka Convention Center, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 17 Februari, dikutip VOI.

Percepatan Akselerasi Vaksinasi COVID-19 untuk Hadapi COVID-19

Percepatan akselerasi vaksinasi dirahapkan bisa membentuk imunitas atau kekebalan tubuh masyarakat. Dengan demikian, masyarakat siap menghadapi COVID-19, baik varian lama maupun varian omicron.

Dia juga mengatakan bahwa di beberapa daerah, misalnya Jakarta, diprediksi telah memasuki fase puncak penyebaran COVID-19. Oleh sebab itu, secara perlahan angka kasus positif akan terus menurun.

"Mudah-mudahan ini kita lihat dalam satu minggu ke depan apabila demikian, alhamdulilah satu wilayah sudah melampaui situasi kritis dan kita harapkan di tempat lain juga akan mengalami hal yang sama," kara Sigit.

Penerapan Prokes

Sigit mengajak masyarakat mau datang ke gerai vaksinasi COVID-19. Dengan demikian, penyebaran COVID-19 akan berakhir.

"Sehingga kita yakin vaksinasi baik dosis pertama, kedua, dan ketiga khususnya lansia ini betul-betul bisa terlaksana dengan baik karena memang angka fatalitas atau kematian memang lebih besar berdampak ke lansia atau komorbid angkanya 83 persen," papar Sigit.

Di sisi lain, Kapolri juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, hal ini menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar jumlah masyarakat yang terpapar COVID-19 tak terus bertambah.

"Pemerintah juga sudah mengeluarkan edaran terkait dengan kerumunan dan aktivitas. Tolong diikuti karena ini dalam rangka menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat," kata Sigit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolri Sigit Perkuat Akselerasi Vaksinasi, Persiapkan Masyarakat Hadapi Lonjakan COVID-19.