Tradisi "Meugang" Aceh, Tradisi Jelang Ramadan yang Tetap Hidup Saat Pandemi
Penjual daging di Aceh saat perayaan meugang (bandaacehkota.go.id)

Bagikan:

Salah satu tradisi Aceh yang kerap dilaksanakan menjelang Ramadan adalah meugang. Tradisi Meugang Aceh ini punya nama lain ma’meugang. Ini merupakan tradisi makan daging sebelum memulai puasa Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha.

Meski pandemi COVID-19 masih terjadi, tradisi ini tetap dilaksanakan di Aceh. Salah satu kabupaten yang melaksanakannya adalah Aceh Barat. Ternak yang disembelih untuk tradisi ini disebut telah lolos uji kesehatan.

“Ada sekitar 150 ekor ternak kerbau dan sapi yang disembelih pada tradisi meugang kali ini di Aceh Barat, seluruhnya sudah lolos uji kesehatan,” ungkap Danil Adrial, Kepala Disbunnak Kabupaten Aceh Barat, di Meulaboh, Minggu, 11 April.

Seluk-beluk tradisi meugang Aceh

Tradisi meugang dinilai sebagai tradisi yang sangat penting bagi masyarakat Aceh. Perayaan meugang digelar semua lapisan masyarakat, baik di desa maupun kota.

Dikutip dari Tradisi Meugang dalam Masyarakat Aceh: Sebuah Tafsir Agama dalam Budaya, traidisi ini punya kemiripan dengan tradisi megengan yang ada Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah. Megengan merupakan upacara selamatan sederhana untuk menandai masuknya bulan puasa (Ramadan) yang diyakini sebagai bulan yang suci dan khusus.

Tradisi megengan juga dikenal dengan ‘ruwah’ yang asal katanya dari ‘arwah’. Pada hari tersebut, umat Islam yang ada di Jawa biasanya datang ke pemakaman kemudian mengadakan tahlilan dan doa bersama untuk para arwah.

Kembali ke meugang, tradisi ini tak hanya menjadi kegiatan yang mesti dilaksanakan, tetapi juga menjadi momen yang penting bagi keluarga, terutama orang tua.

Ketika merayakan tradisi meugang, biasanya anak dan sanak saudara yang ada di perantauan atau telah berkeluarga dan tinggal ditempat yang jauh akan pulang. Mereka kembali berkumpul dengan keluarga dalam acara tersebut.

Acara ini tak memiliki prosesi yang sangat spesial. Acara inti dari meugang adalah santap kuliner. Secara bersama-sama, keluarga memakan daging yang sudah dimasak. Jenis masakan untuk mengolah daging bermacam-macam, sesuai khas daerah masing-masing.

Selain informasi mengenai tradisi meugang Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!