Buka Puasa Bersama Ramadan 2021, MPU Aceh: Selain Dilarang Buber, Masyarakat Diminta Tak Menggelar Keramaian
Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali (Antara)

Bagikan:

Tak lama lagi umat muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadan, tetapi pandemi masih belum berakhir. Terkait hal tersebu, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta masyarakat Tanah Rencong tidak menggelar acara buka puasa bersama atau buka bersama (buber).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua I MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali, dalam Tausiah MPU Aceh mengenai pelaksanaan ibadah Ramadan1442 Hijriah dan kegiatan keagamaan lainnya.

"Selain tidak berbuka puasa bersama, Tausiah MPU Aceh juga meminta masyarakat tidak melaksanakan keramaian, seperti duduk berkumpul bersama di jalan raya, sahur bersama, safari subuh, dan lainnya," jelas Faisal di Banda Aceh, Sabtu, 10 April.

Larangan buka puasa bersama terkait pencegahan COVID-19

Lem Faisal, panggilan Tgk. H. Faisal Ali, mengungkapkan larangan-larangan tersebut sebab pandemi COVID-19 masih terjadi. Menurutnya, larangan itu merupakan bagian dari solusi untuk mengatasi pandemi seperti yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah.

Dalam tausiahnya, MPU Aceh juga meminta Pemerintah Aceh untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tenang, dan nyaman supaya masyarakat bisa khusyuk dalam melaksanakan ibadah pada bulan suci Ramadan.

"Kami juga meminta pengurus dan pengelola rumah ibadah menciptakan kenyamanan beribadah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap kebersihan lingkungan," jelas Lem Faisal.

Dalam Ramadan 2021 nanti, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan serta menjaga kesehatan. Selain itu, masyarakat diminta untuk bertaubat, menjauhi maksiat, dan meningkatkan kualitas amal ibadah.

Terkait vaksinasi, Lem Faisal mengungkapkan bahwa MPU meminta Pemerintah Aceh untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat sasaran.

"Kami juga meminta Pemerintah Aceh menyurati Menteri Kesehatan agar tidak mengirim vaksin yang belum jelas kesucian dan kehalalannya. Serta meminta Pemerintah Aceh melaksanakan program vaksinasi dengan memperhatikan kondisi masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa," terangnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya, termasuk info Ramadan 2021 terbaru, hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!