3 Manfaat Squat Jump dalam Olahraga
Ilustrasi Squat Jump (Eduardo Lopez/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Sebelum memulai olahraga utama, squat jump termasuk aktivitas yang sangat baik untuk dilakukan. Manfaat squat jump adalah mempersiapkan tubuh untuk mengangkat beban atau cara untuk meningkatkan daya, kekuatan, serta kecepatan. Gerakannya terlihat cukup sederhana, tapi Anda harus tahu cara melakukannya dengan benar untuk menghindari cedera dan memaksimalkan latihan tersebut.

Squat jump merupakan latihan pliometrik yang memiliki tujuan untuk menguji kemampuan tubuh untuk menghasilkan kekuatan. Pliometrik merupakan latihan-latihan atau ulangan untuk menghubungkan gerakan kecepatan dan kekuatan demi menghasilkan gerakan-gerakan eksplosif.  Squat jump kerap digunakan dalam latihan atletik atau latihan interval intensitas tinggi. 

Squat jump bisa dilakukan sebagai olahraga tunggal atau olahraga untuk menunjang fokus pada keseimbangan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga. Anda bisa melakukan squat jump sebagai pemanasan untuk membangun sistem saraf pusat dan mempersiapkan tubuh sebelum olahraga utama. Anda juga bisa menggunakannya sebagai superset dengan menambahkan barbel untuk benar-benar melatih otot dalam membentuk massa otot.

Jump squat lebih dari sekadar aktivitas menyenangkan untuk meningkatkan detak jantung. Dikutip VOI dari Byrdie, berikut manfaat squat jump.

Beberapa Manfaat Squat Jump dalam Olahraga

Memperkuat otot posterior chain

Banyak pelatih memasukkan squat jump ke dalam rutinitas latihan fisik karena manfaat squat jump yang beragam. Misalnya, Squat jump bisa dimanfaatkan untuk memperkuat seluruh otot rantai posterior, termasuk otot punggung, glutes, paha belakang, dan betis.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Squat jump juga bagus untuk membantu keseimbangan, kelincahan, dan dapat meningkatkan kemampuan lompatan vertikal. Ini merupakan latihan yang bagus untuk atlet, pelari. Atau siapa saja yang yang berpartisipasi dalam aktivitas yang membutuhkan gerakan yang cepat. Dan eksplosif karena gerakan tersebut memperkuat kedutan serat otot dengan cepat.

Latihan kardio dan kekuatan tubuh

Jump squat menargetkan pembakaran lemak pada bagian paha depan, paha belakang, dan otot bokong. Sehingga squat jump sangat tepat dijadikan latihan pembakaran lemak di bagian tubuh bagian bawah. Selain itu, latihan pliometrik dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Otot bokong, paha belakang, betis, paha depan, dan pinggul semuanya terlibat saat Anda squat jump. Tangan juga digunakan untuk mengayun ke bawah untuk stabilisasi dan tenaga.

Saat Anda berada dalam posisi terbebani, melompatlah ke udara, dorong badan keatas sekuat mungkin dari lantai. gunakan tangan Anda untuk menggapai langit dan turun setinggi mungkin kembali ke bawah.

Penting diingat, lakukan pendaratan dengan memperlambat gerakan dengan kaki dan betis terlebih dahulu untuk mencegah cedera.

Artikel ini telah tayang dengan judul Manfaat Squat Jump dalam Aktivitas Olahraga.

Selain manfaat squat jump, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.