Latihan Fisik agar Lompatan Tinggi, Lakukan Gerakkan Berikut Ini
Ilustrasi latihan fisik agar lompatan tinggi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Lompatan tinggi dibutuhkan berbagai olahraga atletik dan olahraga tim seperti basket dan voli. Kemampuan melompat menjadi salah satu faktor yang menunjang performa seorang pemain. Lantas bagaimana latihan fisik agar lompatan tinggi?

Gerakan lompatan membutuhkan kekuatan otot kaki serta daya lekuk tubuh bagian bawah. Semakin kuat tolakan atau dorongan kaki yang disertai keseimbangan tubuh yang baik, maka lompatan pun dapat semakin tinggi. Kemampuan melompat bisa dilatih dan dikembangkan dengan beberapa cara. 

Latihan Fisik agar Lompatan Tinggi

Lompatan tinggi bukanlah kemampuan bawaan lahir. Setiap orang dapat memiliki kemampuan melompat dengan melakukan latihan secara rutin. Berikut ini sejumlah latihan fisik agar lompatan tinggi. 

Squat Jump

Salah satu latihan yang dapat meningkatkan kemampuan lompatan tinggi adalah squat jump. Latihan ini dilakukan dengan gerakkan melompat dari posisi setengah jongkok. Gerakkan ini dapat meningkatkan kekuatan otot kaki. 

Cara melakukan squat jump sangatlah mudah. Ambil posisi tubuh berdiri dengan kaki dibuka cukup lebar. Kemudian letakkan tangan di belakang kepala dan setengah berjongkok hingga lutut menekuk. Lalu melakukan lompatan dan mendarat di posisi jongkok seperti semula. 

Burpee

Burpee juga dapat membantu meningkatkan lompatan jadi lebih tinggi. Burpee dilakukan dengan posisi tengkurap di tanah, seperti push up kemudian bangkit berdiri. Cara melakukan gerakan burpee sangatlah mudah. 

Pertama tekuk lutut seperti posisi squat. Letakkan kedua tangan di lantai. Kemudian tendang kaki ke belakang hingga berada pada posisi push up. Lalu turunkan dada ke lantai. Lompat lagi ke posisi squat dan berdiri kembali. 

Jumping Jacks

Latihan lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan lompatan adalah jumping jacks. Jumping jacks termasuk dalam kategori gerakan plyometric atau latihan dengan kontraksi otot kuat dan cepat. 

Cara melakukan jumping jacks cukup mudah, yakni dengan mengambil posisi berdiri dan kedua kaki dibuka selebar pinggang. Kedua tangan lurus di samping tubuh. Kemudian melompat dan kedua kaki dibuka lebih lebar. Pada saat melompat, angkat juga kedua tangan ke atas kepala hingga nyaris bersentuhan. Lakukan gerakkan ini secara berulang. 

Demikianlah beberapa latihan fisik agar lompatan tinggi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan cepat, maka Anda perlu melakukan latihan secara rutin dan konsisten. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.