Presiden Timor Leste Kunjungi Gedung PBNU dengan Jas Batik
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta tiba di Gedung PBNU Jakarta, Rabu 20 Juli. (ANTARA-Tri Meilani A)

Bagikan:

ACEH - Hari ini Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, berkunjung ke Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta. Ketua Umum (Ketum) PBNU, K.H. Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU, Saifullah Yusuf, menyambut kedatangan Ramos Horta.

Ramos Horta mengenakan jas batik berwarna coklat bersama rombongan. Mereka tiba di Gedung PBNU pada pukul 09.05 WIB.

Pertemuan Presiden Timor Leste dengan PBNU

Setelah saling menyapa dan bersalaman, Gus Yahya mempersilakan Ramos Horta memasuki Gedung PBNU. Selanjutnya, mereka akan melaksanakan pertemuan tertutup. Hasil pertemuan itu akan disampaikan kepada para wartawan dalam konferensi pers.

Sebelumnya, Selasa 19 Juli, berdasarkan laporan Antara yang dikutip VOI, Ramos Horta berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kunjungan itu diterima langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Kepresidenan Bogor disambut dengan upacara penyambutan resmi kenegaraan. Prosesi penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan, yaitu memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara serta 21 dentuman meriam. Setelah itu, pemimpin kedua negara memperkenalkan delegasi masing-masing yang ikut mendampingi.

Usai penyambutan, Presiden Jokowi mengajak Ramos Horta menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu.

Pertemuan Presiden Indonesia dengan Presiden Timor Leste

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengajak Presiden Horta menanam pohon di halaman belakang Istana Bogor, sebelum keduanya melakukan perbincangan santai di beranda belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Selanjutnya, kedua pemimpin melakukan pertemuan tatap muka, pertemuan bilateral, menyaksikan penandatanganan naskah nota kesepahaman, dan melakukan pernyataan pers bersama.

Prosesi penyambutan Presiden Jose Ramos Horta ditutup jamuan santap siang kenegaraan.

Kunjungan Horta ke Indonesia ini merupakan yang pertama sejak dilantik sebagai Presiden Republik Demokratik Timor Leste pada tanggal 20 Mei 2022 atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Timor Leste.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pakai Jas Batik Cokelat, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta Kunjungi Markas PBNU di Jakarta.

Selain kunjungan Presiden Timor Leste ke PBNU, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.