Anggota DPR Dukung Pemerintah RI Rekomendasikan Timor Leste Masuk ASEAN
Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Ramos-Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 19 Juli 202 (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bagikan:

ACEH - Anggota DPR, Dyah Roro Esti, menyampaikan dukungannya kepada pemerintah untuk merekomendasikan Timor Leste masuk ASEAN. Diharapkan, hal tersebut mampu memberikan penguatan dan peningkatan kerja sama lintas segala sektor.

"Kami apresiasi bahwa Indonesia merupakan destinasi prioritas kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste usai kemenangannya dan menurut saya keanggotaan Timor Leste pada ASEAN dapat memberikan penguatan dan peningkatan kerja sama lintas di segala sektor," terang Dyah di Jakarta, dikutip VOI pada Kamis, 28 Juli.

Kerja Sama Timor Leste dan Indonesia

Hingga saat ini, status keanggotaan Timor Leste di ASEAN adalah negara pengamat atau observer. Menurut Dyah, kerja sama tidak terbatas pada bidang ekonomi, tetapi juga bisa di bidang sosial dan budaya. Itu karena Timor Leste berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur sehingga masyarakat di kedua wilayah masih punya keterikatan sosial budaya.

Roro Esti menyampaikan hal tersebut saat menghadiri kegiatan policy speech oleh Presiden Timor Leste, Ramos Horta, yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Acara bertajuk "Hubungan Indonesia-Timor Leste, Peluang Regional, Tantangan dan Kerja Sama Geopolitik, dan ASEAN" ini dilaksanakan saat dilaksanakan kunjungan kenegaraan resmi pertama Presiden Ramos Horta ke luar negeri sejak kembali ke kursi kepresidenannya.

Presiden Ramos Horta adalah presiden ke-4 dan saat ini menjadi Presiden ke-7 Timor Leste setelah menang pada April 2022.

Timor Leste untuk Masuk ASEAN

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Ramos Horta menyampaikan beberapa hal di antaranya memuji Presiden Joko Widodo yang telah mengunjungi pimpinan dari dua negara yang berkonflik yakni Ukraina dan Rusia serta menyampaikan harapannya untuk dapat masuk ke dalam ASEAN.

Apabila Indonesia memegang posisi Ketua ASEAN pada 2023, Timor Leste berharap dapat mendapat dukungan Indonesia untuk bergabung ke ASEAN, ujarnya.

Hal senada juga telah disampaikan Kementerian Luar Negeri RI dalam kesempatan terpisah, bahwa Presiden Ramos Horta mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir, ekonomi Timor Leste sudah berkembang dengan pesat sehingga layak untuk masuk ke ASEAN.

Artikel ini telah tayang dengan judul Parlemen Dukung Pemerintah yang Mau Timor Leste Bisa Jadi Anggota ASEAN.

Selain berita soal Timor Leste, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.