Stok Kosong, Vaksinasi Booster di Aceh Barat Terhenti
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Antara)

Bagikan:

ACEH - Stok vaksin COVID-19 di Aceh Barat kosong hingga Kamis, 12 Mei. Hal tersebut membuat vaksinasi booster di Aceh Barat terhenti. 

“Kosongnya stok vaksin di Aceh Barat karena banyaknya masyarakat yang melakukan vaksinasi sedangkan stoknya terbatas,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, di Meulaboh, Kamis, 12 Mei, dikutip VOI dari Antara.

Upaya Pemda Atasi Terhentinya Vaksinasi Booster di Aceh Barat

Syarifah menjelaskan bahwa pemerintah daerah melakukan upaya untuk mengatasi persoalan teresbut. Mereka melakukan penjemputan kebutuhan vaksin ke Dinas Kesehatan Provinsi Aceh di Banda Aceh.

Dia menerangkan, penjemputan vaksin ke Banda Aceh dilakukan untuk mempercepat ketersediaan vaksin bagi masyarakat yang butuh penyuntikan vaksin untuk dosis kedua dan dosis ketiga (booster).

Targetnya, stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat kembali tersedia pada Jumat 13 Mei, yaitu setelah vaksin tersebut tiba.

Sasaran Vaksinasi COVID-19 di Aceh Barat

Ia juga menjelaskan sasaran masyarakat yang ditargetkan mendapatkan vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat saat ini mencapai 155.150 jiwa.

Sedangkan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 148.364 orang atau sebanyak 95,63 persen, dosis kedua sebanyak 122.531 orang atau sebanyak 78,98 persen, serta dosis ketiga saat ini sudah berada di angka 30.780 orang atau sebesar 19,84 persen.