Stok Vaksin Booster di Aceh Barat Kosong, Vaksinasi Dosis Ketiga Terkendala
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

ACEH - Masyarakat Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengalami kendala untuk mendapatkan vaksin booster. Itu karena stok vaksin COVID-19 di beberapa fasilitas kesehatan dan gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat masih kosong.

“Sejauh ini masih kosong, kami masih menunggu pengiriman dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, di Meulaboh, Selasa, 5 April, dikutip VOI dari Antara.

Vaksin Booster di Aceh Barat Kosong

Dia menjelaskan, hingga Selasa malam, stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat adalah 168 dosis. Dari total tersebut, sebanyak 132 dosis ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Stok vaksin di RSUD Meulaboh ini jenisnya Pfizer,” kata Syarifah Junaidah.

Sementara, lanjut Syariah, stok vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Teuku Umar Meulaboh sebanyak 36 dosis, yaitu bermerek Sinovac.

Syarifah menambahkan, saat ini stok vaksin di gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat juga dalam keadaan kosong. Hal tersebut terjadi setelah sebagian besar stok vaksin didistribusikan ke masyarakat melalui program vaksinasi.

Akibat kosongnya vaksin tersebut, pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau pemberian vaksin booster bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat untuk sementara belum bisa dilakukan.

“Kami meminta masyarakat agar bersabar, jika vaksinnya sudah tiba, maka penyuntikan vaksin kembali dilanjutkan,” kata Syarifah Junaidah.