Kenapa Kucing Tertarik dengan Kotak Kardus? Ini Penjelasannya
Ilustrasi kucing dalam kardus (Unsplash/Jiawei Zhao)

Bagikan:

ACEH - Kucing biasanya melakukan berbagai aktivitas lucu yang menggemaskan. Salah satu aktivitas tersebut adalah masuk ke kotak kardus. Tahukah Anda kenapa kucing tertarik dengan kotak kardus? 

Dikutip VOI dari Reader’s Digest, para ahli menjelaskan beberapa alasan kucing menyukai kotak, terutama yang terbuat dari kertas kraft. 

Alasan Kucing Tertarik dengan Kotak Kardus

Mark D. Freeman, DVM, asisten profesor klinis di VA-MD College of Veterinary Medicine, menjelaskan alasan pertama. Dia menerangkan, kucing pada dasarnya merupakan hewan yang suka punya tempat persembunyian yang aman. Dari tempat tersebut, kucing mengamati dunia di sekitar.

Selain itu, kucing punya naluri berburu dan memangsa. Ruang tersembunyi yang aman membuat mereka bisa melakukan tugas pemantauan terhadap mangsa. Tempat tersebut juga bisa digunakan untuk melindungi diri dari ancaman.

Alasan kedua, hewan peliharaan menggemaskan ini suka dengan kotak kardus untuk merasa nyaman secara fisik. Menurut Daniel Rotman, CEO PrettyLitter, kotak bisa mengurangi kucing dari stres. Dengan rebahan di kotak, mereka mengatur suhu tubuhnya. Nah, dalam ruangan kotak yang kecil, kucing dapat mempertahankan suhu tubuhnya di atas 29 derajat Celsius.

Kucing di Dalam Kardus

Di samping kedua alasan di atas, menurut Emily Parker, pakar perilaku kucing di Catological, kucing berambut panjang lebih menyukai suhu lebih dingin. Maka perilaku terhadap kardus pada kucing dipengaruhi faktor suhu lingkungan, ketebalan rambut, dan berat badan kucing.

Bagi kucing, kardus adalah zona nyaman untuk mengembalikan stamina. Ketika anabul terlalu bersemangat, lelah, atau hanya perlu istirahat mereka memilih tidur di tempat yang ukurannya pas dengan tubuhnya. Ketika mereka siap bermain lagi, mereka akan keluar dan kembali ceria.