Apakah Kucing Bermimpi saat Tidur? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi apakah kucing bisa bermimpi saat tidur (Unsplash/Aleksandar Cvetanovic)

Bagikan:

ACEH - Rata-rata, kucing menghabiskan waktu 12-15 jam dalam sehari untuk tidur. Hal ini membuat kucing mendapat cap binatang malas. Dikutip VOI dari Oakland Veterinary Referral Services, tidur menjadi cara bagi binatang pemburu ini untuk menjaga keseimbangan energi dan temperatur tubuh. Dengan jam tidur selama itu, apakah kucing bermimpi?

Kucing Bermimpi saat Tidur

Berdasarkan penelitian, hewan mamalia bermimpi saat tidur. Menurut Katy Nelson, dokter hewan di Chewy, pembuktian soal mamalia bermimpi telah dilakukan oleh para ilmuwan melalui penelitian pada otak tikus. Saat menavigasi aktivitas tidur, tikus bermimpi, terutama saat tidur REM atau tingkat tidur terdalam.

Seperti diketahui, tidur adalah hal yang penting bagi manusia, begitupun bagi hewan. Tidur bisa membantu proses pertumbuhan dan perbaikan sistem tubuh. Tidur merupakan kondisi berkurangnya kesadaran yang ditandai dengan berkurangnya aktivitas sensorik dan otot.

Ketika kucing tidur, gerakan motorik halus dan serotonin tubuh mengalami pelambatan, terutama saat fase tidur terdalam atau REM. Hewan yang masih berumur muda menghabiskan lebih banyak waktu di REM dibandingkan hewan yang lebih tua. Ini karena banyaknya informasi baru yang mereka terima setiap hari sehingga perlu melakukan pemrosesan terhadap semua informasi tersebut. Lalu, jika kucing bermimpi, apa yang mereka impikan?

Kucing Bermimpi Soal Apa?

Kita tak bisa bertanya kepada kucing mengenai apa yang mereka mimpikan, maka informasi ini jadi penting. Tetapi gambaran mimpi kucing seperti pada manusia. Jika mereka pergi ke luar dan melihat seekor burung ataupun teman kucingnya. Mungkin juga kucing di rumah memimpikan Anda, makan malam yang lezat, permainan yang atraktif, dan benda-benda yang mereka temui.

Tak jarang juga mereka mengigau. Ataupun menggerakkan kakinya serta kumisnya. Para ilmuwan percaya bahwa ketika kakinya bergera-gerak saat tertidur, kucing sedang bermimpi. Uniknya lagi, kucing juga berkemungkinan bermimpi buruk. Bedanya dengan manusia, kucing tidak memimpikan monster atau terlambat datang ujian. Konteks mimpi pada kucing ialah seputar kehidupannya.

Nicholas H. Dodman, profesor Kedokteran Hewan di Universitas Tufts, mengatakan bahwa siklus tidur kucing lebih pendek meskipun jam tidurnya panjang. Kucing mengalami tidur REM tiga kali lebih sering daripada manusia, yaitu setiap 20 menit dibanding manusia setiap 90 menit. Ini didorong oleh perkembangan otak kucing yang cepat.

Fungsi mimpi dalam tidur kucing, tampaknya sama dengan yang dialami manusia. Yaitu memproses pengalaman dan segala informasi yang ditemui saat terjaga. Mimpi juga membantu memproses emosi dan membentuk ingatan.

Meski kadang kucing menggerakkan kaki dan kumisnya saat tidur, jarang terjadi kasus berjalan dalam tidur. Jikapun dialami, ini adalah tanda jenis cedera otak.