Kucing Suka Datang ke Laptop saat Digunakan, Apa Sebabnya?
Ilustrasi kenapa kucing suka duduk di atas laptop (Pexels/Aleksandar Cvetanovi)

Bagikan:

ACEH - Kucing adalah binatang peliharaan yang memberikan menggemaskan dan memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya. Namun, kadang tingkahnya membuat si pemilik tepuk jidat. Salah satu tingkah kucing yang kadang membuat pemilik tak nyaman adalah mengganggu saat menggunakan laptop. Kenapa kucing suka datang ke laptop saat Anda menggunakannya? 

Persoalan sebenarnya bukan kucing yang datang ke laptop, tetapi gangguan yang diberikan padahal sedang bekerja atau melakukan aktivitas penting. Menurut Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat, perilaku kucing tersebut tidak sama dengan kesukaannya pada kardus, dikutip VOI dari Reader’s Digest.

“Banyak kucing cucuk di tempat seperti keyboard dan laptop karena mereka berada di dekat orang favorit mereka dan dapat menjadi pusat perhatian,” terang Krieger.

Kucing Suka Datang ke Laptop saat Digunakan karena Cemburu?

Biasanya, orang atau pemilik kucing membelai atau berbicara dengan si kucing. Binatang menggemaskan ini cepat belajar bahwa ketika mereka duduk di keyboard, mereka akan mendapatkan perhatian yang diinginkan.

Beberapa orang berpikir bahwa kucing tertarik pada laptop karena mesinnya hangat. Kucing menyukai hal-hal yang lebih hangat daripada kita. Kisaran suhu yang diperlukan kucing tanpa perlu mengeluarkan energi untuk mendinginkan atau menghangatkan diri kisaran 29,4--37,7 derajat Celsius. Itulah sebabnya mereka bisa tidur di zona termonetral, termasuk di bawah sinar matahari saat mereka membutuhkannya.

Namun, besar kemungkinan kucing tidur di dekat laptop karena alasan yang lain. Jika kucing menggosok wajahnya di laptop Anda, ia melakukannya karena posesif. Dengan menggosokkan wajah, mereka mentransfer aroma mereka pada benda tersebut. Ini merupakan cara kucing menandai wilayahnya.

Cara Bersikap yang Tepat

Krieger menyarankan, jika kecintaan kucing pada laptop mengganggu Anda, lakukan pencegahan yang tidak dibenci kucing Anda.

“Anda dapat menghentikan kebiasaan itu dengan memberikan kucing tempat yang nyaman dan diinginkan untuk menetap di sebelah Anda sambil secara bersamaan memperkuat dan menghadiahinya dengan kasih sayang dan perhatian ketika kucing duduk atau berbaring (di tempat itu),” kata Krieger.

Cara lain agar tidak membahayakan layar laptop dari cakaran kucing, Anda bisa membeli laptop mainan untuk kucing. Nah, jika cara ini gagal, cobalah untuk melatih kucing duduk di tempat lain dengan tetap memberikan perhatian padanya.