Dapat Peningkatan, USB Type-C Mampu Hantarkan Listrik 240 Watt
Ilustrasi kabel USB (Lucian Alexe on Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Perangkat pengisian daya dengan USB Type-C dikabarkan tengah mendapat peningkatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Grup USB Implementers Forum (USB-IF).

Seperti diketahui, smartphone dan laptop saat ini bisa mengirimkan daya hingga 100 watt melalui konektor USB Type-C. Dalam pembaruan versi 2.1, USB Type-C saat ini mampu menghantarkan daya hingga 240 watt.

Ini merupakan peningkatan 2,4 kali lipat jika dibandingkan dengan kecepatan saat ini yang mencapai 100 watt.

Konektor USB Type-C Butuh Kabel Khusus

Mengutip CNET, para peneliti mengatakan bahwa opsi 240 watt ini sebagai Extended Power Range atau EPR. Secara efektif merupakan perubahan pada spesifikasi USB-PD yang mungkin telah hadir di teknologi pengisian daya cepat saat ini.

Konektor ini bisa dikonfigurasi hingga 5 ampere dengan tegangan maksimal 50 volt. Sebelumnya, konektor ini hanya mampu memasuki tegangan 20 volt.

Agar bisa menjalankan tegangan sebesar itu, kabel yang digunakan harus spesifik. Pada kepala konektor dan kabel juga harus terdapat ikon khusus untuk memudahkan pengguna membedakannya dengan kabel biasa.

Dengan hadirnya dukungan daya hingga 240 watt membuat para produsen laptop bisa dengan mudah menggunakan konektor tersebut di laptop mereka, terutama laptop gaming.

Sebagai informasi, sebuah laptop gaming dengan sangat mudah bisa menarik daya hingga 200 watt lebih untuk dapat menyuplai listrik ke komponen yang ada di dalamnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kabel USB Type-C Bakal Dukung Pengisian Daya Hingga 240 Watt. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!