Menpora Optimistis Dunia Olahraga Kembali Bergulir Tahun Depan
Menpora Zainudin Amali (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, optimistis kegiatan olahraga pada 2022 akan berangsur pulih meski masih pandemi COVID-19.

Keyakinan tersebut pemimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu tak terlepas dari adanya beberapa kejuaraan olahraga yang bisa bergulir satu per satu pada tahun ini. Dia mengatakan, kegiatan yang berhasil digelar pada 2021 bisa menjadi tolok ukur penyelenggaraan ajang olahraga berstandar protokol kesehatan (prokes).

Beberapa Kompetisi Olahraga Sukses Tahun Ini

Kompetisi olahraga yang menjadi awal kebangkitan ajang olahraga nasional selama pandemi antara lain turnamen pramusim sepak bola Piala Menpora, Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Liga 1, Liga 2, hingga PON dan Peparnas Papua.

“Dari perjalanan ini, saya melihat bahwa kita sudah mulai confidence lagi untuk melaksanakan kegiatan, walaupun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," ujar Zainudin dikutip VOI dari Antara, Selasa, 28 Desember.

“Saya optimistis tahun 2022 kegiatan olahraga kembali bergulir karena 2021 kita sudah memulai maka 2022 tinggal melanjutkan.”

Ia akan meminta cabang olahraga yang lain untuk segera menyusun rencana dan kembali mengadakan kegiatan dan kejuaraan pada 2022.

“Jadi cabang-cabang olahraga yang belum bergerak kami akan minta untuk segera bergerak, menyusul dari kegiatan-kegiatan cabang-cabang olahraga yang sudah memberanikan diri untuk mencoba melakukan kegiatan. Walaupun harus dengan protokol yang sangat ketat," tuturnya.

Ajang Olahraga Tahun 2022

Pada tahun depan beberapa ajang akan meramaikan kompetisi olahraga Tanah Air. Setelah sukses menuntaskan 2021 dengan menggunakan sistem gelembung, IBL bakal kembali hadir mulai 15 Januari di Jakarta.

IBL musim depan diperkirakan lebih ramai karena diikuti oleh 16 tim. Ini merupakan jumlah tim terbanyak dalam sejarah kompetisi bola basket profesional Indonesia.

Selain itu, Proliga juga akan mengobati rasa rindu para penggemar voli Indonesia setelah vakum hampir dua tahun.

Kompetisi bola voli profesional itu akan kembali bergulir pada 7 Januari hingga 27 Maret secara tertutup di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, diikuti enam tim putra dan lima tim putri.

Enam tim putra yang akan berlaga di Proliga 2022 adalah Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, serta dua pendatang baru Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak.

Sementara itu, lima tim putri terdiri dari Jakarta Popsivo Polwan, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia, Jakarta Pertamina Fastron, dan Jakarta Elektrik PLN.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kegiatan Olahraga Diyakini Berangsur Pulih Tahun Depan, Menpora Amali: Kita Sudah Mulai Confidence Lagi.

Selain keyakinan Menpora terkait kegiatan olahraga, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.