Menpora Minta KONI Pusat Persiapan Maksimal untuk PON XXI Aceh-Sumut
Ketum KONI Pusat, Marciano Norman dan Menpora, Zainudin Amali (Foto: Ulfa Gusti)

Bagikan:

ACEH – Terkait persiapan PON XXII 2024 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberi tanggung jawab penuh kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Zainudin menekankan, persiapan KONI Pusat harus maksimal.

Menpora menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat di Hotel Sultan. Dalam kesempatan tersebut, Menpora meminta KONI Pusat mempertahankan hasil bagus gelaran PON XX yang digelar di Papua serta terus melakukan evaluasi dan perbaikan jika ada yang kurang.

"Rakernas itu kan biasanya untuk evaluasi yang sudah dan persiapan untuk kedepan. Nah ini, kebetulan (Rakernas) dikaitkan dengan evaluasi PON XX Papua dan menyongsong PON XXI," kata Menpora Zainudin di Jakarta, dikutip VOI, Kamis, 9 Desember

"Saya kira ini acara yang sangat baik, supaya apa-apa yang sudah bagus dalam pelaksanaan PON XX yang lalu itu menjadi catatan untuk kita pertahankan. Sementara, jika ada hal-hal yang masih kurang tentu harus diperbaiki," lanjutnya.

PON XXI Pertama Kali Digelar di Dua Provinsi

Menpora ingin KONI Pusat memperhatikan seluruh aspek terkait persiapan PON XXI di Aceh dan Sumut. Hal tersebut tak terlepas dari fakta bahwa PON XXI berbeda dari perhelatan yang sudah-sudah.

Gelaran PON XXI menjadi spesial karena untuk pertama kalinya dilaksanakan di dua provinsi secara bersaman. Dua provinsi yang jadi venue PON XXI adalah Aceh dan Sumut.

"Karena PON ke depan ini jadi pengalaman pertama kita menyelenggarakan PON di dua tempat di dua provinsi. Jadi persiapan harus maksial, apalagi ada jeda waktu cukup lama yang bisa dimanfaatkan untuk bersiap," katanya.

Lebih lanjut, Menpora kembali menekankan pada KONI Pusat beserta pemipinan daerah untuk bisa saling berkomunikasi dan berperan besar. Sebab, kata Amali, menyatukan dua provinsi untuk menjadi tuan rumah itu tidak mudah.

"(Saya) pesan, baik dari KONI Pusat, kemudian dari pimpinan daerah ini harus besar (andilnya) karena menyatukan dua provinsi tidak mudah,"

"Karena membantu pelaksanaan di satu provinsi saja tidak gampang, apalagi ini di dua provinsi," tegas Amali.

Kendati menyadari bukan hal mudah, Menpora yakin semua akan berjalan baik dan lancar. Terlebih jika semua aspek mengikuti bimbingan dari KONI Pusat.

"Tapi saya meyakini, dengan bimbingan dari KONI Pusat semuanya bisa terselenggara denga baik. dalam rakernas ini saya kira ini kesempatan untuk melakukan evaluasi sekaligus persiapan kedepannya (PON XXI)," tandasnya.

Aceh dan Sumatra Utara dipastikan menjadi tuan rumah PON XXI. Upacara pembukaan pesta olahraga nasional empat tahunan itu itu rencananya berlangsung pada 13 Oktober 2024.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hadiri Rakernas KONI Pusat, Menpora Tekankan Persiapan PON XXI Harus Maksimal.

Selain PON XXI di Aceh dan Sumut, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.