Info Kesehatan dan Kecantikan: Berbagai Manfaat "Rosemary" yang Jarang Diketahui
Ilustrasi tanaman rosemary (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Rosemary kerap digunakan sebagai garnish dan taburan grill daging. Tak banyak yang tahu, tanaman ini punya cukup banyak manfaat.

Selain baik untuk kesehatan, rosemary juga bagus untuk perawatan kulit. Untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak, simak penjelasan berikut.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rosemary

Rosemary bisa dinikmati dengan cara menaburkannya pada hidangan sebagai penambah cita rasa. Rosemary juga bisa diseduh menjadi segelas teh.

Di dalam rosemary, dilansir Medical News Today, terdapat kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan.

Rosemary tergolong tanaman herbal karena digunakan sebagai obat tradisional di kawasan Mediterania. Secara tradisional, rosemary digunakan untuk meringankan nyeri otot, meningkatkan memori, sistem kekebalan tubuh, memperbaiki peredaran darah, dan menumbuhkan rambut.

Jika Anda menanam tanaman rosemary, rata-rata bisa bertahan hidup sampai kurang lebih 2 tahun. Tetapi, meskipun mengering, daunnya tetap bisa disimpan dan diawetkan, bahkan dimanfaatkan.

Daun kering bisa digunakan untuk memperkaya cita rasa masakan. Manfaatnya termasuk meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki sistem pencernaan. Tetapi, dosis terlalu tinggi bisa menyebabkan edema paru-paru, muntah, bahkan pingsan.

Ciri-ciri tanaman rosemary, memiliki daun seperti jarum. Bunganya warna-warni, mulai dari berwarna merah muda, putih, dan biru keunguan.

Untuk membuat teh rosemary dapat menyeduhnya dalam air mendidih. Bisa juga mencampurkan dalam infused water bersama lemon, daun min, dan buah leci.

Dalam studi berbasis di laboratoriuam menunjukkan bahwa rosemary kaya akan antioksidan. Zat ini berperan dalam menetralkan partikel berbahaya atau dikenal dengan radikal bebas.

Di Eropa, rosemary dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Dan diakui oleh Komisi E Jerman bahwa rosemary untuk pengobatan gangguan pencernaan.

Selain baik untuk fisik, rosemary diakui oleh Therapeutic Advances in Psychopharmacology karena aromanya bisa meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi seseorang. Bahkan dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Selain Memperkaya Cita Rasa Hidangan, Begini 5 Fakta Menarik Tentang Tanaman Rosemary. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!