Berbagai Manfaat Masker "Aloe Vera" untuk Wajah dan Rambut
Lidah buaya (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang bisa diolah menjadi berbagai produk skincare dan kosmetik. Manfaat masker aloe vera untuk wajah telah dipercayai oleh berbagai kalangan karena punya banyak kandungan yang baik untuk kulit.  

Kandungan yang ada pada lidah buaya, antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin E, asam volat, dan kolin. Selain itu, lidah buaya mengandung berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan natrium.  

Tak berhenti di situ, manfaat lidah buaya untuk kulit juga diperoleh dari kandungan delapan enzim yang membantu mengurangi peradangan kulit dan memiliki sifat antiradang, antiseptik, antibakteri, antivirus, serta analgesik.

Berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah 

Untuk kecantikan, gel lidah buaya punya kemampuan untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Lidah buaya juga kerap digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar pada kulit dan mengatasi masalah kulit akibat sengatan matahari.

Tak hanya itu, studi terhadap aloe vera menunjukkan bahwa tanaman ini juga mampu mengatasi jerawat, iritasi kulit, dan ruam. Gel pada lidah buaya juga diyakini punya kemampuan untuk mengatasi gatal akibat gigitan serangga, reaksi alergi, bekas luka, bahkan gejala psoriasis.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Untuk kesehatan rambut, masker lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati dan menutrisi kulit kepala hingga akar rambut. Bagi yang punya masalah rambut rontok dan kusut, lidah buaya bisa membuat rambut tumbuh lebih kuat dan halus.

Meski begitu banyak manfaatnya, penelitian mengenai manfaat masker aloe vera masih perlu dikaji lebih dalam. Jadi, jika Anda ingin menggunakan masker lidah buaya untuk kulit atau rambut, ketahui pula risikonya.

Pemilik kulit sensitif atau punya riwayat alergi rentan mendapatkan efek samping sehingga harus tetap berhati-hati.

Selain info mengenai manfaat masker aloe vera untuk wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!