5 Tips Merawat Tanaman Gantung untuk Keindahan Maksimal
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Bercocok tanam merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Jika Anda ingin mencoba bertanam, tetapi tak punya lahan, cobalah tanaman gantung dan meletakkannya di teras atau depan jendela rumah.

Hal ini tak hanya bisa meningkatkan keindahan rumah, tetapi meningkatkan kenyamanan tempat tinggal Anda. Bagi yang penasaran ini mencoba, ada beberapa tips merawat tanaman gantung.

Tips Merawat Tanaman Gantung di Rumah

1.    Tahu jenis tanaman hias

Secara umum, hampir semua tanaman bisa ditanam dalam pot untuk digantung, tetapi ada sejumlah tanaman yang punya akar ekstensif atau panjang yang bisa merusak pot.

Jika Anda penghobi tanaman pemula, cari tahu juga detail perawatan tanaman sesuai jenis yang Anda inginkan agar tidak merepotkan pada waktu mendatang. Bagi para pemula yang tak ingin repot, tanaman tropis bisa jadi pilihan yang tepat.

Jenis tanaman ini punya karakter yang tahan panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, contohnya bunga sepatu, euphorbia, lili paris, dan fuschia.

2.    Pemilihan pot

Hindari penggunaan pot hanya karena tampilannya. Pot merupakan hal krusial dalam pemilihan tanaman hias. 

Pot mampu memengaruhi tingkat kelembaban. Misalnya, Anda yang ingin menanam kantong semar, akan lebih baik jika menggunakan pot dari tanah liat karena karakternya lebih sesuai.

3.    Penyesuaian tali gantungan

Saat memilih tali untuk tanaman gantung, bukan hanya berdasarkan dari kekuatan, tapi juga keindahan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan tali biasa agar pemandangan rumah terlihat lebih cantik dan instagramable.

4.    Pemilihan lokasi

Pilih area yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung untuk meletakkan tanaman gantung sehingga pertumbuhannya maksimal. Namun, pastikan tetap melakukan penyinaran rutin setiap pagi hari.

Perhatikan juga letak tanaman gantung agar tidak berdekatan dengan lalu-lalang orang di rumah. Hal ini demi menghindari benturan antara pot dan kepala orang.

5.    Memangkas dengan rutin

Bentuk perhatian lainnya adalah dengan memangkas tanaman secara rutin agar terlihat cantik. Luangkan waktu untuk melakukan pemangkasan dan pastikan Anda hanya memotong bagian yang bisa dikontrol seperti ranting, batang, hingga daun.

Proses ini juga penting dilakukan saat tanaman terkena hama sehingga menghindari penyebaran hama ke bagian tanaman lain. Selain itu, Anda juga bisa mengajak ngobrol tanaman sehingga pertumbuhannya semakin subur.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Punya Tanaman Gantung Di Rumah? Begini 5 Cara Merawatnya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!