5 Tips Merawat Tanaman Mawar agar Mekar Berbunga pada Musim Kemarau
Ilustrasi tips merawat tanaman mawar agar berbunga pada musim kemarau (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perlakuan dan cara merawat tanaman berbeda-beda setiap musim. Pada musim kemarau, tanaman bunga mawar menghabiskan banyak energi untuk tetap bersemi daun-daun muda dan mekar berbunga. Tanaman ini, kalau tak dirawat atau terabaikan cenderung tidak akan berbunga. Maka, merawat mawar agar mekar berbunga perlu dengan cara tepat seperti penjelasan berikut ini.

1. Pemangkasan musim kemarau

Dalam istilah tukang kebun, disebut dengan dead heading, yaitu pemangkasan yang dilakukan saat musim sedang panas. Ini penting untuk semua jenis bunga mawar, semak, atau tanaman yang merambat. Caranya, potong bunga yang pudar hingga dua atau tiga daun di belakang bunga.

Penting dicatat, jangan tinggalkan kuncup yang tumbuh aneh. Jangan pula melewatkan pangkas ujung batang bercabang. Kalau masih ada kuncup yang gagal mekar atau cabang dengan bunga memudar, tanaman akan menunda produksi tunas bunga baru.

tips merawat tanaman mawar agar berbunga pada musim kemarau
Ilustrasi tips merawat tanaman mawar agar berbunga pada musim kemarau (Freepik/shurkin_son)

2. Pupuk tanaman mawar

Pupuk tanaman bisa diterapkan di sekitar tanaman dan aduk ke permukaan tanah dengan cangkul atau garpu tanah bergagang panjang. Ini bertujuan mengisi ulang nutrisi untuk pertumbuhan dan mekar awal musim. Pilih pupuk yang kaya akan nitrogen dan kalium yang sangat dibutuhkan mawar.

3. Sirami secara menyeluruh jika cuaca kering

Setelah diberi pupuk, sirami secara menyeluruh saat cuaca kering. Meskipun mawar tidak suka air yang banyak, tetapi akar menyukai air apalagi saat suhu udara sedang panas. Tanah yang terlalu kering membuat mawar lebih rentan terhadap penyakit, terutama jamur.

4. Buang daun yang sakit

Tanaman mawar mudah sekali terkena penyakit jamur, terutama bercak hitam, jamur, dan karat. Jika Anda menemukannya pada beberapa daun, segera petik dan buang. Jika penyakit tersebut tersebar pada seluruh batang, pangkaslah. Dalam kasus yang parah, mungkin lebih baik memotong tanaman segera dan membuang semua dedaunan. Kemudian beri mulsa sekelilingnya sekaligus kompos dan air, lalu semprotkan fungisida di daun-daun yang baru.

tips merawat tanaman mawar agar berbunga pada musim kemarau
Ilustrasi tips merawat tanaman mawar agar berbunga pada musim kemarau (Freepik/zinkevich)

5. Singkirkan tanaman yang sakit

Seperti tips di atas, kalau ada bagian tanaman yang terkena penyakit, segeralah singkirkan. Anda bisa memperbarui tanaman mawar hibrida yang lebih tahan penyakit. Penting diketahui, mempertahankan tanaman mawar yang kena penyakit meningkatkan risiko penyebaran penyakit ke tanaman sekitar yang sehat.

Itulah kelima tips merawat mawar agar berbunga pada musim kemarau. Anda dapat memeriksa setiap pertumbuhannya harian. Periksa pula serangga atau binatang kecil yang mengganggu taman cantik Anda di rumah.