7 Tanaman Hias Indoor untuk Diletakkan di Dapur
Ilustrasi tanaman hias dapur (Unsplash/Tina Dawson)

Bagikan:

ACEH - Tanaman hias di dalam rumah bisa memberikan tiga manfaat bagi Anda. Pertama, tanaman hias indoor dengan bentuk yang cantik memberikan keindaha. Kedua, tanaman di dalam rumah bisa memberikan efek segar yang baik untuk psikolgis. Ketiga, ada beberapa jenis tanaman untuk membersihkan udara sehingga udara semakin segar dan sehat.

Salah satu ruangan yang bisa menjadi lokasi peletakkan tanaman hias adalah dapur. Dapur merupakan ruangan tepat untuk diberi tanaman sebab menjadi tempat untuk mengolah dan menyiapkan hidangan setiap hari. Selain itu, dapur punya kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu yang unik. Dikutip VOI dari The Spruce, berikut beberapa tanaman hias indoor yang bisa tumbuh baik di dapur.

Ragam Tanaman Hias Indoor untuk Dapur

1. Pothos

Tanaman hias ini bernama ilmiah Epipremnum aureum. Perawatan tanaman ini sangat mudah. Tanaman pothos mampu beradaptasi dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya.

Mereka juga toleran terhadap udara kering. Anda bisa meletakkan tanaman ini di pot gantung agar lebih indah. Letakkan di tempat yang paling jauh dari peralatan elektronik di dapur supaya tidak menguning terpapar sumber panas.

2. Philodendron

Motif yang cantik dari philodendron membantu Anda merasa lebih ceria. Bisa diletakkan di dapur dengan keranjang gantung. Daya tahan hidupnya mirip dengan pothos, tanaman ini terkenal sebagai pembersih udara yang andal.

3. Tanaman herba

Tanaman yang disebut dengan herba ialah mereka yang bisa benar-benar bermanfaat, tidak hanya secara visual tetapi secara khasiat yang terkandung pada daunnya. Tanaman herba yang tidak manja antara lain daun mint, rosemary, basil, oregano, kucai, dan ketumbar.

4. Sukulen

Siapa yang tak bahagia merawat tanaman ini, sebab bentuk cantiknya tak membutuhkan banyak perawatan. Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur pada daun dan batang, membuat tanaman ini tak perlu sering disiram dan umumnya rendah perawatannya. Spesies sukulen yang memiiki bentuk menakjubkan antara lain echeveria, haworthia, crassula, kalanchoe, dan sedum.

5. Chlorophytum

Seperti laba-laba menebarkan jaring, tanaman ini dikenal populer dengan tumbuhan laba-laba. Cabangnya seperti jaring, bila mereka bahagia maka akan berbunga. Hindari meletakkan tanaman laba-laba dalam cahaya langsung karena akan menyebabkan daun terbakar.

6. Sansevieria

Dikenal akrab dengan tanaman lidah mertua, sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang mampu membersihkan udara dalam ruangan. Mereka memiliki berbagai motif dan warna. Ketika merawatnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski dengan kondisi cahaya rendah.

7. Pohon karet

Pohon karet atau Ficus elastic merupakan pilihan tepat untuk menghias dapur Anda. Tanaman ini bisa tumbuh secara penuh seperti habitat aslinya meski diletakkan di dalam ruangan Anda. Saat diletakkan di dalam ruangan, lakukan pemangkasan teratur untuk menjaga ukuran dan bentuk tetap terkendali.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bantu Bersihkan Udara di Dapur, Letakkan 7 Jenis Tanaman Hias Indoor Ini.

Selain tanaman hias indoor, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.