Cara Menata Tanaman Hias di Rumah untuk Tampilan Lebih Segar
Ilustrasi (Lisa Futios/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak tanaman hias dengan manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Dengan manfaat dan keindahannya, banyak orang yang rela merogoh kocek cukup dalam demi mendapatkan jenis tanaman hias tertentu. Tak jarang orang bingung cara menata tanaman hias karena koleksinya terlalu banyak. Akhirnya, sebagian besar orang hanya melatakkannya di satu tempat.

Perlu diketahui, memerhatikan tata letak tanaman hias sesuai jenis ruangan di rumah adalah hal yang penting. Terlebih lagi, sebentar lagi Lebaran sehingga ini berhubungan dengan keindahan rumah saat menyambut tamu. Jika Anda ingin menata tanaman hias di dalam rumah, tetapi masih bingung, berikut VOI bagikan empat tips menata tanaman hias di rumah.

Cara Menata Tanaman Hias untuk Kesegaran Rumah

Letakkan tanaman tinggi di ruang tamu mini

Di ruang tamu minimalis, terutama yang berukuran terbatas, tanaman hias adalah pilihan terbaik untuk memberi nuansa sejuk dan asri. Tanaman yang tinggi dapat mendominasi suatu ruangan dengan mudah, apalagi jika ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain yang stylish.

Jika tidak menginginkan tanaman tinggi, dapat meletakan tanaman berukuran kecil di stand tanaman atau end table agar terlihat menonjol.

Gunakan tanaman hias untuk ciptakan atmosfer kamar mandi segar

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan dalam rumah yang cocok untuk meletakkan tanaman hias. Kondisi kamar mandi yang punya tingkat kelembapan yang tinggi justru membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik di ruangan ini. Salah satunya adalah jenis tanaman Sanderiana Curly yang cocok diletakkan di ruangan yang lembap. Anda bisa meletakkannya dalam vas kesukaan Anda.

Jika lebih memilih tanaman berukuran besar,  dapat menggunakan pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanaman di lantai. Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan juga dapat menjadi pilihan lain untuk membuat atmosfer kamar mandi lebih segar. Tidak perlu ragu lagi, penempatan tanaman hias di kamar mandi dapat membuat penghuni rumah lebih rileks saat menggunakan kamar mandi. 

Hias teras dengan berbagai jenis tanaman yang butuh cahaya matahari

Tips selanjutnya adalah hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat. Teras rumah merupakan tempat yang sempurna untuk meletakkan berbagai jenis tanaman hias, khususnya yang membutuhkan sinar matahari langsung. Teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam yang segar di rumah Anda. Agar tetap rapi dan terorganisir, dapat memanfaatkan stand tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang tanaman favorit.

Letakkan tanaman hias gantung di sudut 

Agar suasana sudut ruang hobi lebih nyaman, bisa menambah dekorasi tanaman gantung. Tempatkan tanaman hias gantung di dekat jendela di mana terdapat tembusan sinar matahari. Selain itu, pilih tirai dan pot gantung berwarna natural yang dapat melengkapi tanaman hias gantung kesukaan.

 

Selain cara menata tanaman hias, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.