3 Tanda "Brush Makeup" Sudah Waktunya untuk Diganti
Ilustrasi brush makeup (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Tahukah Anda bahwa brush makeup juga punya masa waktu pemakaian? Jika tidak diperhatikan, hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kinerja alat kecantikan itu dalam mengaplikasikan riasan ke wajah.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tanda brush makeup sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Berikut adalah tips dan penjelasannya.

Tanda Brush Makeup Perlu Diganti

1.    Sangat bengkok

Fungsi kuas rias bergantung pada bentuk bulu dan kepala kuas. Kuas diruncingkan dengan hati-hati, dibulatkan, diratakan, atau dibuat miring dengan cara tertentu tergantung penggunaan spesifiknya.

Jika brush makeup telah sangat usang, brush tidak mampu menahan bentuk seperti semula, bahkan setelah dicuci dan dikeringkan. Nah, ketika itulah Anda perlu melepaskannya. Jika tidak, itu hanya akan menghasilkan kekacauan dan mengumpulkan bakteri.

2.    Transfer tidak merata

Kadang sulit untuk mengatakan bahwa kuas tidak berfungsi dengan baik hanya dengan melihatnya. Bisa jadi beberapa bulu di dalam kuas telah putus, dan meskipun bentuk luarnya masih ada, kuas tidak berfungsi dengan baik. Ini terlihat jelas terutama pada kuas foundation dan eyeshadow.

Jika Anda mulai melihat aplikasi yang agak tambal sulam saat merias wajah, bisa jadi kuas tersebut sudah terlalu rusak untuk digunakan. Tentu saja, ini juga bisa menjadi penumpukan produk yang menyebabkan kinerja kuas menjadi buruk, jadi selalu bersihkan sebelum memutuskan menggantinya dengan yang baru

3.    Saat banyak bulu yang rontok

Bentuk menjadi salah satu hal yang menentukan fungsi kuas. Salah satu karakteristik yang bisa membedakan kuas berkualitas adalah seberapa banyak kuas tersebut rontok. 

Kerontokan terjadi saat bulu-bulu patah ketika digunakan atau saat Anda membersihkannya. Brush berkualitas tinggi cenderung lebih tahan terhadap kerontokan, dan sebagai hasilnya akan bertahan lebih lama. Hal ini sebagian besar juga disebabkan oleh bagaimana kuas dibuat, serta kualitas lem yang menyatukan bulu-bulu tersebut. 

Jika brush makeup telah kehilangan banyak bulu, kemungkinan dia tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan harus dibuang. Untuk memastikannya, selalu cuci dengan lembut dan keringkan hingga rata atau dengan sisi bulu menghadap ke bawah untuk memastikan air tidak meresap ke dalam leher atau ferrule brush.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kenali Saat yang Tepat Mengganti Brush Makeup Baru. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!