3 Dampak Buruk Konsumsi Wortel dalam Jumlah Berlebih
Ilustrasi Wortel (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Berlebihan adalah hal yang tidak baik. Wortel memang sayuran yang baik untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh.

Wortel kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan beta karoten, serta telah terbukti meberikan manfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan fungsi penglihatan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan bisa kurang baik untuk tubuh. Dilansir dari Medical News Today, berikut dampak efek buruk yang terjadi jika Anda mengonsumsi wortel berlebihan.

Dampak Buruk Konsumsi Wortel Berlebihan

1.    Sembelit

Selain punya manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, wortel juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Akan tetapi, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi wortel, justru gangguan pencernaan dapat terganggu sehingga Anda mengalami konstipasi.

2.    Kulit kuning

Konsumsi wortel terlalu banyak bisa menyebabkan kulit berubah menjadi kekuningan. Hal itu bisa terjadi karena wortel memiliki kandungan beta karoten.

Nah, jika kandungan beta karoten terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan membuat warna kulit menjadi kekuningan. 

3.    Keracunan vitamin A

Kandungan vitamin A yang membuat wortel mampu membantu menjaga kesehatan mata. Manfaat ini bisa Anda rasakan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A justru bisa membuat Anda keracunan. Jadi, jika ingin mendapat manfaat dari wortel maka konsumsilah secara wajar.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Tak Selalu baik, Ini Efek Buruk yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Konsumsi Wortel. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!