Ada Manfaat Bayam untuk Ibu Menyusui, Ini Sebabnya
Bayam (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Ada cara alami untuk meningkatkan produksi asi secara optimal, yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi. Salah satu jenis makanan bernutrisi yang direkomendasikan adalah bayam karena bisa menyeimbangkan kadar hormon ibu menyusui.

Dilansir Healtline, pakar kesehatan merekomendasikan ibu menyusui agar mengonsumsi bayam dan sayuran berdaun hijau lain. Sayuran berdaun hijau mengandung banyak zat besi,vitamin K, kalsium, dan folat yang sangat baik untuk produksi asi.

Hubungan Bayam dengan Produksi Asi Ibu

Bayam punya manfaat yang tinggi sebab memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi. Senyawa tersebut meniru estrogen yang ada pada tubuh manusia yang menyebabkan peningkatan produksi asi.

Selain itu, makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi seperti bayam efektif untuk mengembalikan kadar zat besi, terutama bagi orang yang baru saja mengalami perdarahan pascapersalinan atau kehilangan jumlah darah yang tak normal selama kelahiran. Dua hal tersebut dapat memengaruhi proses pemberian asi kepada buah hati.

Sebuah studi menunjukkan bahwa rendahnya zat besi berkaitan dengan suplai susu yang rendah. Jadi, jika ibu menyusui merasa pasokan asi-nya kurang, mintalah dokter untuk memeriksa kadar zat besi dalam tubuh.

Secara umum, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat saat menyusui, tak hanya agar bayi mendapatkan nutrisi yang baik tetapi juga untuk memastikan tubuh ibu bekerja dengan sehat dan maksimal.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Benarkah Konsumsi Bayam saat Menyusui dapat Meningkatan Produksi Asi. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!