Pilihan Nasi Bebek Madura bagi Pecinta Makanan Gurih Pedas
Ilustrasi nasi bebek sinjay khas Madura (Twitter/@alexjourneyID)

Bagikan:

ACEH – Kenikmatan kuliner pedas dan gurih dari olahan bebek dengan bumbu khas Madura terkenal di seluruh berbagai tempat di Indonesia.

Di beberapa kawasan kota besar, nasi bebek Madura bahkan telah menjadi langganan dan selalu ramai pengunjung. Jika Anda merupakan penikmat makanan jenis ini, berikut adalah beberapa varian nasi bebek Madura untuk dicoba.

3 Nasi Bebek Madura dengan Rasa Nikmat

1.    Bebek Songkem

Nasi bebek khas Madura yang disebut bebek songkem sangat unik. Dengan dikukus dan dibungkus daun pisang, bebek songkem cocok disajikan saat masih hangat.

Bebek kukus Songkem mengandung sedikit lemak, ini yang membuatnya terasa gurih. Rasanya pedas berpadu dengan tekstur lembut daging bebek. Berdasarkan sejarahnya, bebek songkem ini merupakan hantaran untuk kyai yang mengajar anak-anak mengaji.

Nah, kata “songkem” berasal dari songkeman yang berarti 'salim' atau ‘berjabat tangan’. Dalam ritual hantaran, bebek kukus ini disajikan utuh dan dijadikan simbol kesantunan. Sekilas, bebek kukus ini seperti pepes.

Dalam mengolahnya, bebek songkem butuh dikukus selama 4 hingga 6 jam. Paling unik, saat dikukus leher dan kepala bebek ditekuk. Ini menyimbolkan ritual sungkem atau salim.

2.    Bebek Hitam

Nasi bebek khas Madura yang berwarna hitam diolah dengan resep dan cara khusus. Warna hitam bukan karena hangus, melainkan dari campuran berbagai bumbu. Rempah-rempah menghasilkan kekayaan citarasa dan pedas tentunya.

Karena punya cara khusus dalam mengolahnya, tekstur daging bebek cukup lembut. Bumbunya pun merasuk hingga tulang. Ya, cara khusus ini turun temurun dan pada umumnya dihidangkan bersama sambal.

Berdasarkan resep turun temurun, bebek hitam khas Madura hanya diolah dari daging bebek segar. Jika tidak berasal menggunakan daging bebek segar, pengolahannya lebih susah apalagi untuk mendapatkan tekstur daging yang

Sebelum digoreng, bebek perlu direbus terlebih dahulu. Nah, mereka juga urung merebus dengan presto tetapi dengan tungku kayu dan wajan biasa. Ternyata, cara ini mempengaruhi rasa dan tekstur.

Untuk bebek hitam Madura memakai kencur, kunyit, dan asam jawa. Ketiga bahan tersebut jika meresap kuat bisa menghilangkan aroma amis dan menciptakan cita rasa nikmat.

3.    Bebek Sinjay

Nasi bebek khas Madura ini diberi nama 'Sinjay'. Sinjay berawal dari nama bengkel yang dikelola keluarga Bapak Zainal. Warung makan bebek Sinjay terletak di Jalan Raya Tanjung, Kecamatan Burneh, Kota Bangkalan. Kuliner olahan bebek di warung ini dihidangkan bersama sambal mangga.

Warung bebek Sinjay ini didirikan oleh Zainal sejak tahun 2001. Saat ini, pengunjungnya mencapai 100 orang setiap harinya. Pembeli harus mengantri sepanjang enam meter untuk menyecap kenikmatan hakiki nasi bebek khas Madura ini.

Yang paling khas dari bebek Sinjay adalah serat-serat lengkuas yang digoreng dan ditaburkan di atas bebek. Satu lagi kunci kelezatan dalam mengolah bebek Sinjay adalah rempah-rempah seperti serai, jahe, kunyit, dan bumbu dapur lengkap merasuk dalam setiap serat dagingnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Rekomendasi Hidangan Gurih dan Pedas, Mau 3 Varian Nasi Bebek Madura Ini?. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!