Daftar Minuman Penurun Kolesterol Alami
Ilustrasi minuman tomat (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Dalam darah, ada dua jenis kolesterol, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Saat kolesterol jahat di tubuh terlalu banyak, kesehatan  bisa tertanggu, bahkan berpotensi mendatangkan penyakit jantung.

Untuk menanganinya, Anda bisa membiasakan diri mengonsumsi minuman penurun kolesterol alami.  Kunci terkendalinya kolesterol adalah menu dan pola makan sehari-hari. Jika kadar kolesterol terlanjur tinggi, beberapa minuman penurun kolesterol bisa dicoba untuk menormalkannya.

Beberapa minuman penurun kolesterol alami

1.    Sari kedelai atau susu kedelai

Kedelai adalah bahan makanan yang mengandung lemak jenuh rendah. Untuk itu, makanan ini bisa dijadikan pengganti krim atau susu lemak tinggi.

The Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan orang untuk mengonsumsi 25 g protein kedelai per hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, Anda bisa menggantinya dengan 250 ml sari kedelai—lebih sering disebut susu kedelai—untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

2.    Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan LDL. Teh hitam pun sebenarnya juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, tetapi ini tak sebaik teh hijau.

3.    Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa likopen. Senyawa ini mampu meningkatkan kadar lipid (lemak) serta menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pengolahan tomat menjadi jus bisa meningkatkan kandungan likopennya.

4.    Susu gandum

Susu gandum juga dipercaya sebagai penurun kolesterol. Pasalnya, Oat mengandung beta-glukan yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Reaksi ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol.

5.    Cokelat murni

Kakao merupakan bahan utama pembuatan dark chocolate. Dalam kakao terdapat antioksidan yang disebut flavanol yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 5 Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!