Rekomendasi Kue Basah Khas Aceh untuk Teman Bersantai
Timphan (plut.acehprov.go.id)

Bagikan:

Provinsi Aceh punya banyak jenis makanan tradisional yang cocok dijadikan kudapan, baik dalam acara tertentu seperti hajatan maupun bersantai sambil menikmati kopi. Seperti diketahui, Aceh termasuk daerah yang memiliki budaya mengopi yang cukup kental. Salah satu kudapan yang cocok jadi teman ngopi adalah kue basah khas Aceh.

Bagi yang sedang berkunjung ke keluarga di Aceh atau liburan di tempat wisata Aceh, jangan lupa untuk mencoba kue basah khas Aceh sambil bercengkrama dengan masyarakat sekitar. Berikut adalah beberapa jenis kue yang bisa kamu coba.

Rekomendasi kue basah khas Aceh

1.    Kue Adee Meureudu

Kue ini bisa disebut sebagai kue bingkang khas Aceh. Kue tradisional ini punya beberapa variasi dalam pembuatannya, ada yang membuatnya dari singkong yang diparut, ada yang membuatnya dari tepung terigu, ada pula yang membuatnya dari tepung beras dan tepung ketan.

Kue adee meureudu punya tekstur seperti kue lumpur. Bentuknya mirip dengan bolu kemojo, makanan khas Riau. Dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut, kue ini cocok jadi teman bersantai sambil mengopi.

2.    Timphan

Timphan merupakan kuliner khas Aceh yang pembuatannya dengan dibungkus daun pisang muda. Rasa yang dimiliki oleh kue ini beragam, seprti srikaya, ubi ungu, durian, dan kelapa.

Tak hanya jadi tempat bersantai, kue ini juga sering disajikan dalam acara-acara tertentu, seperti arisan atau ketika hari raya Idul Fitri.

3.    Meuseukat

Kue basah khas Aceh ini punya bentuk yang cantik dan teksturnya lembut. Warna kuning dari meuseukat berasal dari buah nanas.

Tekstur lembut kue membuat orang yang memakannya tak perlu susah-suah mengunyah. Ketika masuk ke mulut, kue meuseukat bisa langsung meleleh dan memberi sensasi yang nikmat.

Selain kue basah khas Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!