5 Keterampilan untuk Atasi Masalah Percintaan secara Baik
Ilustrasi keterampilan menyelesaikan masalah dalam hubungan percintaan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Hubungan percintaan tidak selalu mulus, itu adalah hal biasa. Masalah menjadi kerikil yang tak bisa dihindari oleh orang berpasangan. Namun, hal tersebut bisa dihadapi dengan baik jika memiliki keterampilan untuk atas masalah percintaan.

Menurut Bob Taibbi, LSCW, psikolog klinis berpengalaman, menyelesaikan masalah layaknya proses memasak. Maksudnya, dalam menyelesaikan masalah dibutuhkan kemampuan dasar seperti menyiapkan bahan masakan, memilih kualitas terbaik, hingga akhirnya menghasilkan makanan yang lezat.

Seperti analogi tersebut, hubungan asmara juga butuh proses seperti memasak. Dia menjelaskan, ada lima keterampilan mendasar yang perlu dimiliki setiap orang yang menjalin hubungan asmara untuk masalah dalam hubungan.

Keterampilan untuk Atasi Masalah Percintaan Menurut Ahli

1. Mengendalikan amarah

Seberapapun ukuran amarah, baik bergelombang kecil maupun sebesar tsunami, tetap saja perlu dikendalikan agar bisa menjalankan hidup lebih mudah. Banyak sekali cara untuk mengendalikan amarah. Seperti dengan menenangkan dengan napas hingga mengelola emosi dengan mengembangkan sikap welas asih. Pastinya, setiap orang pernah berjuang untuk mengendalikan amarah.

2. Tidak banyak mengontrol

Kontrol sering dikaitkan dengan kecemasan dan mengendalikan. Bagi mereka yang banyak mengontrol, pasti berkaitan dengan kekuasaan, manipulasi, dan menggunakan orang lain sebagai objek untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jika Anda sering merasa dikontrol oleh pasangan, bisa jadi mereka banyak merasakan kecemasan. Sebaliknya, orang yang mempercayai Anda menjalankan peran atau Anda mempercayai pasangan bersama peran yang ia jalankan, maka masalah tak akan sulit untuk teratasi.

3. Tidak suka cari masalah

Memberikan komentar tentang suatu masalah yang bukan masalah bisa melahirkan masalah yang lebih besar. Seperti menganggap bahwa pasangan Anda terlalu kaku, kurang romantis, malas, dan lain sebagainya. Kalau suka cari-cari masalah, tentu bukan hal yang bijak dalam hubungan asmara. Mereka yang dengan mudah menyelesaikan masalah, jarang mengeluh. Mereka akan memahami apa yang dilakukan dan dimiliki serta bagaimana menangani.

4. Menggali akar masalah

Masalah kadang terselubung, sehingga perlu mencari akarnya agar bisa diselesaikan dengan mudah. Tidak apa-apa jika Anda atau pasangan melakukan kesalahan. Tetapi yang penting dipahami adalah belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik.

5. Berkompromi

Keras hati adalah sikap yang tak bijak. Oleh karena itu, setiap orang yang berpasangan perlu berkompromi. Kompromi, terang Taibbi, bukan soal kalah-menang. Tetapi masing-masing dapat memperjelas tetang apa yang terpenting dan menegosiasikan kesepakatan.

Itulah keterampilan yang perlu Anda dan pasangan miliki untuk mempermudah hubungan. Bahkan keterampilan tersebut bisa menjadi kekuatan ketika masalah datang bertubi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Masalah Hubungan Percintaan akan Lebih Mudah Ditangani Jika Memiliki 5 Keterampilan Ini.

Selain keterampilan untuk atasi masalah percintaan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.