6 Risiko Terlalu Insecure dalam Hubungan Percintaan
Ilustrasi (Nate Nielson/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Perasaan insecure merupakan rasa tidak percaya diri atau perasaan tidak aman. Hal ini bisa terjadi juga dalam hubungan percintaan. Umumnya, perasaan insecure bisa terjadi dalam hubungan percintaan karena merasa tidak pantas menjadi kekasih atau suami/istri pasangan. 

Ini kadang terjadi dan bukan hal aneh. Namun, jika Anda berlebihan atau terlalu insecure dalam hubungan maka ada efek negatif yang bisa didapatkan. Dikutip VOI dari Womantalk, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa terjadi jika Anda terlalu insecure dalam sebuah hubungan asmara. 

Dampak Terlalu Insecure dalam Hubungan Percintaan

Tidak senang dengan pencapaian pasangan

Saat Anda insecure, Anda bisa mengalami kesulitan untuk mendukung dan merasa senang dengan pencapaian pasangan. Padahal, saling mendukung adalah hal yang sangat penting saat menjalin hubungan percintaan. 

Jadi ketergantungan

Insecure bisa menghadirkan perasaan takut kehilangan yang terlalu berlebihan. Hal ini bisa membuat Anda menjadi orang yang ketergantungan untuk selalu bersama pasangan. Padahal, salah satu hal yang penting dalam hubungan percintaan adalah saling percaya dan kemandirian. Selain itu, ketergantungan juga bisa membatasi waktu "me time" Anda dan pasangan sehingga bisa menimbulkan hubungan percintaan yang tidak sehat.

Mudah cemburu

Insecure yang berlebihan juga bisa membuat Anda jadi mudah cemburu. Sebenarnya tidak masalah perasaan cemburu itu muncul, tetapi kalau berlebihan maka bisa menimbulkan sikap posesif. Akhirnya, secara tidak sadar, Anda mulai membatasi pasangan dalam menjalani kehidupannya. Lama kelamaan, perasaan ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.

Mudah stres dan depresi

Perasaan insecure yang berlebihan juga bisa menimbulkan perasaan cemas, sehingga membuat Anda jadi lebih mudah stres dan depresi. Rasa cemas ini juga timbul karena terlalu overthinking pada pasangan, yang akhirnya membuat Anda jadi mudah gelisah.

Bisa membuat diri merasa tidak berharga

Salah satu bahaya terbesar dari perasaan insecure adalah perasaan yang membuat diri menjadi tidak berharga. Anda pun lebih mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akhirnya, Anda kehilangan minat dan hobi, serta membuat Anda jadi suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi.

Jadi ekspektasi tinggi pada pasangan

Perasaan tidak aman dalam hubungan percintaan akan membuat Anda mudah memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pasangan. Akhirnya, jadi mudah mengeluh, dan jadi membandingkan pasangan dengan orang lain, serta merasa tidak puas dengan pasangan. Ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.