Penting! 7 Masalah dalam Hubungan Percintaan yang Bisa Merusak Keharmonisan
Ilustrasi masalah dalam hubungan percintaan (Unsplash/Alice Donovan Rouse)

Bagikan:

ACEH – Saat dua orang bersepakat menjalin hubungan asmara, keduanya pasti berharap hubungan mereka bisa dipenuhi kebahagiaan dan bertahan lama. Namun, tak bisa disangkal bahwa hubungan asmara tak lepas dari perselisihan. Ini hal yang wajar. Yang perlu diketahui, ada beberapa masalah dalam hubungan percintaan yang bisa merusak hubungan tersebut.

Beberapa hal dinilai mampu memicu datangnya prahara besar dan berbahaya bagi hubungan sepasang kekasih atau suami-istri. Berikut ini telah dikumpulkan oleh tim VOI mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga hubungan yang indah.

Beberapa Masalah dalam Hubungan Percintaan yang Berbahaya

  1. Kepercayaan

Hilangnya kepercayaan merupakan salah satu pemicu membaranya api cemburu yang sulit padam. Masalah kepercayaan mencakup beberapa hal, seperti sikap posesif, perselingkuhan emosional, perselingkuhan fisik, kurangnya dukungan emosional, dan tidak lagi saling mendukung.

Sebuah hubungan tanpa kepercayaan, dilansir Psychology Today, paling berbahaya bagi kesuksesan hubungan jangka panjang. Tanpa kepercayaan, sebuah hubungan yang tadinya kuat bisa kehilangan jangkar sehingga berpotensi hilang arah saat berlayar di samudra rumah tangga.

  1. Perbedaan Prioritas

Hubungan dua orang yang berkomitmen menjadi pasangan butuh sikap saling menjadikan prioritas. Selain prioritas pada keluarga, misalnya, prioritas yang berbeda dari pasangan juga memicu tumbuhnya harapan yang berbeda pada sebuah hubungan.

Jadi selain ketertarikan fisik, gairah seksual, latar belakang sosial-ekonomi, dan koneksi kepribadian, komitmen untuk dijadikan prioritas adalah aspek penting. Apabila tidak ada kesaling-memprioritaskan, bisa menjadi persoalan besar yang memicu pertengkaran.

  1. Masalah kompatibilitas

Masalah kompatibilitas atau kecocokan meliputi tipe kepribadian, gaya keterikatan, keintiman, dan perspektif. Apabila salah satu dari pasangan memiliki perspektif yang berbeda, meskipun tipe kepribadiannya cocok, bisa jadi persoalan yang memicu terkikisnya keterikatan lho.

  1. Masalah komunikasi

Banyak psikolog yang menyatakan bahwa komunikasi adalah kunci langgengnya sebuah hubungan asmara. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, karena faktanya pola komunikasi yang tidak sehat kerap menghancurkan hubungan percintaan.

Dr. John Gottman dari University of Washington, seorang ahli dalam studi pasangan, menyimpulkan dalam penelitiannya selama 20 tahun bahwa satu-satunya pemicu perpisahan adalah komunikasi yang tidak sehat, misalnya tidak menghormati pasangan.

  1. Narsisme

Tim peneliti, yang dilansir Mayo Clinic, mendefinisikan gangguan kepribadian narsistik sebagai gangguan mental di mana orang memiliki kepentingan untuk memenuhi kekaguman pada diri. Tanda-tanda narsisme termasuk bersikap superior atau dominan, citra diri yang megah, kesombongan, pelanggaran boundaries, kepalsuan, dan manipulatif.

Secara signifikan, penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan narsisme tinggi berkorelasi dengan kerentanan terhadap perselingkuhan.

  1. Relasi yang tidak sehat

Relasi yang tidak sehat contohnya pelecehan verbal, emosional, fisik, bahkan seksual. Relasi yang saling menyakiti dan tidak mendasarkan hubungan dengan sikap empati, membuat setiap orang yang berpasangan tidak menemukan kebahagiaan.

  1. Masalah uang

Menurut studi yang dilakukan tahun 2013 oleh Institute for Divorce Financial Analysis, melaporkan survei bahwa masalah keuangan adalah alasan utama perpisahan. Masalah uang, bisa memicu banyak perselisihan. Termasuk membuat tidak aman secara psikologis dan memicu pada tingkat kepercayaan, keselamatan, keamanan, kekuasaan, kendali, dan kelangsungan hidup.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Masalah yang Berpotensi Menghancurkan Hubungan Percintaan.

Selain masalah dalam hubungan percintaan yang berbahaya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.