Apa Saja Syarat Mudah Diingat Orang Lain?
Ilustrasi studi tentang ingatan dan agar mudah diingat oleh seseorang (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Jika bertemu orang baru, Anda mungkin merasa lebih mudah mengingat seseorang yang tampan atau cantik dibanding yang biasa saja. Apakah itu adalah syarat mudah diingat orang lain? Mari kita bahas.

Menyebutkan nama menjadi satu cara paling umum saat berkenalan dengan orang baru. Namun, memori manusia terbatas pada hal-hal yang membekas sehingga penelitian ilmiah dilakukan guna menggali hubungan antara ingatan dan kekhasan seseorang yang membuatnya terus diingat.

Karakter Termasuk Syarat Mudah Diingat Orang Lain

Mungkin Anda punya rentetan nama orang yang tak terlupakan. Anda mungkin tak bisa melupakannya karena merupakan mantan kekasih atau orang yang pernah berbagi pengalaman bersama. Namun, studi menunjukkan bahwa ada kemungkinan keunikan dalam beberapa hal bisa membuat seseorang terus diingat. Sebagai contoh, perempuan berbaju merah, pria dengan jam saku, atau anak-anak dengan sepatu lari.

Dikutip VOI dari Psychology Today, penelitian lain menunjukkan bahwa seseorang bisa diingat secara tak terduga dan tidak biasa. Ini bukan persoalan tampan atau cantik, tetapi karena orang tersebut punya karakteristik unik, seperti berkepribadian hangat dan membuat semua orang nyaman saat jadi diri sendiri.

Wiese, dkk. pada tahun 2014 melakukan penelitian. Hasilnya, wajah-wajah yang kurang menarik lebih mudah diingat daripada orang dengan wajah menarik. Partisipan dalam penelitian ini mengakui bahwa wajah-wajah yang berbeda itu mudah diingat.

Lorenzo, dkk. pada 2010 dalam What Is Beautiful Is Good and More Accurately Undestood menemukan sudut pandang yang berbeda. Temuannya, kita memperhatikan orang-orang yang menarik, yang dengan penampilannya mengarahkan kita untuk lebih memperhatikan mereka.

Penelitian Terkait Penampilan dan Ingatan

Studi ini melibatkan rutinitas peserta untuk saling berhadapan dengan orang asing atau dikenal dengan round-robin. Orang asing yang berpartisipasi mengikuti uji coba ini selama tiga menit. Hasilnya menguatkan stereotip bahwa "yang menarik lebih baik" dalam arti bahwa individu yang secara fisik menarik dianggap lebih diinginkan. Tambahan dari temuan studi ini, yang menarik tetapi memiliki ciri kepribadian akan lebih kuat diingat.

Indera berkontribusi dalam mengungkap fenomena keindahan, yaitu mata. Daya tarik, menurut penelitian Lorenzo, juga berkaitan dengan kepositifan hubungan dan akurasi kesan. Bahkan orang-orang yang umumnya tidak dipandang menarik dapat mengambil manfaat dari stereotip ketertarikan fisik ketika pengamat menganggap mereka menarik. Selain itu, preferensi individu dan karakteristik kepribadian juga berperan dalam mengingat seseorang dalam ingatan.

Menurut Wendy L. Patrick, J.D., Ph.D., behavioral analist, terlepas dari penampilan, bagaimana orang terlibat dalam dimensi perasaan membuat Anda diingat lebih lekat. Ini biasanya jauh lebih penting daripada tingkat daya tarik objektif. Artinya, jika Anda merasa baik dengan diri Anda sendiri, kemungkinan merupakan cara terbaik untuk diingat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bukan yang Cantik atau Tampan, Ini Kriteria Agar Mudah Diingat Oleh Orang Lain.

Selain syarat mudah diingat orang lain, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.