4 Cara Mengobati Biang Keringat secara Alami
Ilustrasi (Ipopba/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh orang Indonesia yang beriklim tropis adalah biang keringat atau miliaria. Masalah kulit ini ditandai dengan ruam-ruam merah pada kulit dengan ukuran yang kecil. Selain itu, terasa sensasi gatal dan panas. Cara mengobati biang keringan perlu Anda ketahui agar masalah kulit ini segera reda dan tidak mengganggu aktivitas.

Biang keringat bisa dialami oleh siapa semua kalangan usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Masalah kulit ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, seperti tangan, punggung, dan jerawat di wajah. Dikutip VOI dari HerWorld, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan biang keringat.

Tips Menghilangkan Biang Keringat secara Sederhana

Kayu cendana 

Cara mengatasi biang keringat dengan kayu cendana termasuk pengobatan tradisional yang telah teruji untuk melawan masalah kulit tersebut. Cara menggunakannya tidak sulit.

Campurkan cendana dengan susu dingin, kemudian oleskan pada kulit hingga mengering. Setelah itu, cuci bersih dengan air dingin. Sangat penting untuk menyelamatkan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Minyak alami yang terkandung dalam cendana ini mampu membantu menghilangkan jamur pada kulit serta biang keringat.

Memakai pakaian longgar

Gaya berpakaian ternyata juga berpengaruh pada biang keringat. Masalah kuit ini bisa diatasi dengan mengenakan pakaian yang longgar dengan bahan tipis, sejuk, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Sebab, penggunaan pakaian yang longgar di iklim tropis seperti Indonesia ini mampu menjaga sirkulasi udara dan tubuh agar tetap sejuk dan tidak mudah berkeringat sehingga biang keringat tidak mudah muncul.

Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk perawatan kulit. Ternyata, biang keringat juga bisa diobati dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis masalah kulit, salah satunya biang keringat. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil daging lidah buaya yang berwarna putih lalu oleskan pada kulit yang terkena biang keringat minimal satu kali dalam sehari. Lakukan secara rutin agar biang keringat cepat teratasi. 

Kompres es atau air dingin

Biang keringat disebabkan karena kondisi tubuh yang panas dan memproduksi keringat berlebih. Agar tubuh terasa lebih sejuk, maka Anda bisa mengompresnya dengan es batu karena mampu membantu meredakan kulit kemerahan dan iritasi seperti biang keringat.

Kompres air dingin bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Kain yang direndam dalam air dingin atau es yang dibungkus dengan kain dapat mengurangi rasa sakit terkait dengan biang keringat. Jadi, tempelkan segera kantong es yang dibungkus handuk ke bagian ruam pada kulit.