8 Cara Mengatasi Bersin Alergi secara Alami
Ilustrasi cara alami mengatasi bersin karena alergi (Freepik/Benzoix)

Bagikan:

Aceh - Bersin merupakan respons alami tubuh terhadap partikel penyebab iritasi. Ini menjadi tanda tubuh melawan partikel asing. Terkadang, bersin terjadi karena alergi. Ada cara mengatasi bersin alergi, tetapi jika sedang terpapar COVID-19 maka hal yang lebih utama adalah menyembuhkannya serta meminimalisir tersebarnya droplet

Dikutip VOI dari Medical News Today, bersin-bersin karena alergi memiliki kemungkinan untuk diatasi secara alami. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi bersih akibat alergi. 

Cara Mengatasi Bersin Alergi secara Alami

1. Identifikasi pemicu 

Iritan disebut sebagai pemicu alergi, seperti serbuk sari dan debu yang menyebabkan bersin. Mengidentifikasi dan mengobati alergi adalah cara yang baik untuk mencegah bersin. Setelah mengenali partikel pemicu alergi, Anda bisa menghindarinya, misalnya mengenakan masker untuk menghindari debu pemicu alergi.

2. Menghindari makan besar

Pada beberapa kasus, bersin dialami setelah makan dan merasa sangat kenyang. Reaksi ini bisa dicegah dengan makan dalam porsi yang lebih kecil dan gigitan atau suapan yang lebih kecil juga. Namun, kasus ini belum ada penelitian yang mumpuni soal penyebab dan gejala apa yang memicu selain rasa kenyang dan suapan yang terlalu penuh.

3. Menggelitik langit-langit mulut

Anda mungkin dapat menahan bersin dengan merangsang langit-langit mulut dengan lidah. Anjurannya, lakukan ini selama beberapa detik sebelum bersin. Cara ini bisa membantu mencegah bersin secara alami.

4. Menghindari bahaya lingkungan

Beberapa orang dalam situasi tertentu, seperti berada di lokasi bertumpuk semen, batu bara, bahan kimia, tepung, gandum, unggas, dan logam, bisa memicu iritasi sehingga mengalami bersin tak henti-henti. Karena pekerjaan, hobi, dan lokasi tinggal yang banyak iritan, Anda bisa mengatasinya dengan tindakan pencegahan seperti memakai alat pelindung, menjaga ventilasi tetap baik, dan mengurangi paparan iritasi.

5. Meniup hidung

Cara ini dilakukan meski tidak selalu efektif mengatasi, yaitu dengan meniup hidungnya ketika akan bersin. Paling efektif supaya tidak menyebarkan droplet, meletakkan tisu di dekatnya sehingga lebih terjangkau untuk melindungi.

6. Mencubit hidung

Mencubit dengan tujuan menutup kedua lubang hidung, biasa dilakukan untuk menunda bersin. Seseorang dapat melakukan ini, baik dengan menutup lubang hidung atau mencubit lebih tinggi pada hidung yang lebih dekat ke mata.

7. Perbanyak asupan vitamin C

Vitamin C merupakan antihistamin dan dianggap mampu memengaruhi imun. Makanan yang tinggi mengandung vitamin C antara lain jeruk, pepaya, sayuran hijau. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari makanan yang dikonsumsi, seseorang berpotensi mengurangi bersin. Kesehatan tubuh juga semakin terjaga.

8. Minum teh chamomile

Efek minum teh chamomile sama seperti vitamin C, karena teh beraroma ini bersifat antihistamin. Anda bisa menyeduh teh ini setiap hari untuk mengurangi total histamin dalam tubuh sehingga mengurangi bersin-bersin karena alergi.

Itulah cara alami untuk menunda atau mencegah bersin tak kunjung henti. Adakah cara Anda mengatasinya selain cara di atas?

Artikel ini telah tayang dengan judul 8 Cara Alami Mengatasi Bersin-Bersin karena Alergi.

Selain cara mengatasi bersin alergi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.