Alasan Pakaian Baru Perlu Dicuci Dahulu Sebelum Dipakai
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Pakaian baru perlu dicuci dahulu sebelum dipakai. Ini karena pakaian baru cenderung menyimpang banyak bakteri yang tak terlihat oleh mata telanjang. 

Anda mungkin baru saja membelinya, tetapi Anda tidak tahu sudah berapa lama pakaian baru tersebut ada di toko tersebut. Anda juga tidak tahu sudah berapa banyak tanagn yang menyentuh pakaian tersebut sehingga risiko terkena bakteri sangat tinggi. 

Penjelasan Ahli Terkait Alasan Pakaian Baru Perlu Dicuci Dahulu 

Menurut Azadeh Shirazi, dokter kulit bersertifikat, dikutip VOI dari Mind, Body, Green, pakaian yang baru saja dibeli perlu dicuci karena mengandung hal-hal yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti zat pewarna buatan atau pengawet pakaian yang digunakan untuk menjaga kualitas pakaian.

Dia menjelaskan, jika pakaian mengandung alergen, tidak menutup kemungkinan zat tersebut bisa meresap di kulit ketika dipakai. Ini bisa menyebabkan penyakit kulit seperti dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif dan pernah terkena dermatitis kontak sebelumnya, tentu saja membilas pakaian baru dengan air wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya alergi.

Cara Mencuci Pakaian Baru

Pun dalam hal penyucian, tidak bisa sembarang dilakukan. Sebelum mencuci, perhatikan label perawatan yang biasa tertera di bagian tersembunyi pakaian. Label perawatan tersebut dapat membantu Anda menentukan cara terbaik mencuci pakaian berdasarkan jenis kainnya. 

Perhatikan juga apakah pakaian bisa luntur dan menodai pakaian lain, atau tidak. Jika ya, maka harus dicuci secara terpisah. Setelah itu, cucilah dengan cara yang sesuai anjuran dan pastikan pakaian benar-benar bersih sebelum digunakan.