Inilah 5 Tips Merawat Celana Jeans yang Jarang Diketahui
Celana jeans (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Dari tahun ke tahun, celana jeans memang tidak ada matinya di dunia fashion. Meski tren terus berubah, peran celana jeans tidak pernah tergantikan.

Banyak orang suka pakai celana jeans karena gampang dipadupadankan dengan berbagai atasan dan bisa disesuaikan dengan gaya berpakaian setiap orang.

Tapi satu masalah yang cukup sering dialami adalah warna jeans yang memudar dan membuat tampilannya kusam. Kalau seperti ini, yang ada malah tidak terpakai lagi. Sayang sekali, kan?

Tips merawat celana jeans agar awet

1. Cuci pakai air dingin

Tips pertama adalah hindari mencuci celana jeans dengan air hangat. Sebaiknya pilih air suhu normal atau lebih dingin.

Pasalnya, air hangat cenderung bikin warna jeans perlahan memudar. Sedangkan air dingin lebih aman karena tidak merusak warna aslinya.

2. Jangan disikat

Mencuci jeans cukup dengan dikucek dengan tangan. Pilihan lain masuk mesin cuci dan keringkan sebentar saja.

Bulu sikat yang terlalu kasar bisa merusak material jeans dan merubah warnanya menjadi kusam. Kecuali memang ada noda membandel, bisa disikat tapi cukup di bagian yang kotor saja.

3. Rendam dengan cuka

Saat mencuci jeans, Anda bisa merendamnya dulu dengan larutan cuka. Cukup didiamkan selama 30 menit lalu gunakan deterjen seperti biasa. Cuka bisa membantu mempertahankan warna jeans kesayangan Anda.

4. Jangan sering dicuci

Celana jeans tidak harus dicuci setelah sekali pakai. Anda bisa memakainya sampai sekitar lima kali baru setelah itu dimasukkan ke keranjang cucian.

Bisa lebih kalau pas pakai cuma sebentar. Kalau jeans dicuci setelah dipakai sekali, lama-lama ini yang menyebabkan warnanya berubah.

5. Simpan di freezer

Buat menghilangkan bau tak sedap di celana jeans, Anda bisa menyimpannya di freezer. Jadi jeans tetap nyaman dipakai sampai berkali-kali tanpa dicuci.

Caranya gampang kok, masukin saja ke dalam kantong plastik yang rapat lalu taruh di mesin pendingin selama beberapa jam. Dijamin baunya hilang seketika. Dengan cara ini, Anda jadi tak mesti sering-sering cuci jeans.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Cara Merawat Celana Jeans agar Warnanya Tidak Mudah Pudar. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!