Cara Memilih Kain Bahan Pakaian agar Nyaman dan Tahan Lama
Ilustrasi cara memilih bahan kain yang bagus (Unsplash/Cam Morin)

Bagikan:

ACEH – Kain bahan pakaian punya karakter yang berbeda-beda. Saat mau membuat dress atau terusan, kain yang perlu dipilih adalah kain yang dingin saat dipakai dan jatuh pada gaya tertentu. Untuk pakaian musim hujan, perlu memilih bahan yang gampang kering. Cara memilih kain bahan pakaian tentu dibutuhkan agar tidak salah beli.

Kenyamanan juga harus dipertimbangkan. Anda yang akan mengenakan pakaian tersebut tentu perlu tahu bahan mana yang cocok dan nyaman untuk Anda. Namun, tanpa mengesampingkan pertimbangan-pertimbangan lain. Berikut adalah beberapa tips memilih kain untuk pakaian.

Cara Memilih Kain Bahan Pakaian dengan Tepat

  1. Breathability

Kemampuan kain untuk menyerap udara dan keleluasaan pertukaran udara adalah hal penting. Melalui kemampuan ini, kenyamanan pakaian bisa terpengaruh. Jenis kain yang memiliki breathability baik antara lain linen, wool, dan rayon.

  1. Serat kain yang nyaman

Kelembutan serat kain memberikan kenyamanan saat dipakai. Semakin kasar terasa di kulit, kenyamanannya biasanya semakin rendah. Dilansir Collective Gen, ternyata ini didasarkan pada kemampuan kulit bernapas dan ketebalan permukaan kain. Nah, jenis kain yang paling nyaman seratnya antara lain katun, linen, sutra, flannel, jersey, satin, chiffon, dan rayon.

  1. Ketahanan terhadap kerutan

Cara menyimpan kain yang mudah berkerut atau mudah lecek adalah dengan menggantungnya. Jika dilipat kemudian disimpan di dalam lemari, Anda perlu menyeterikanya terlebih dahulu supaya terlihat rapi. Jenis kain yang tidak mudah berkerut antara lain flannel, jersey, wool, denim, chiffon, dan nylon.

  1. Sesuaikan fungsinya

Jenis kain tertentu pas untuk bahan pakaian musim dingin karena kainnya memiliki fungsi menghangatkan. Sebaliknya, saat musim kemarau, pilih kain yang tipis dan menyerap keringat seperti katun, linen, sutra, dan chiffon. Untuk kain yang hangat, pilih jenis polyester, nylon, satin, velvet, dan flannel.

  1. Cara mencuci

Serat kain sutra akan mudah rusak jika dicuci dengan mesin cuci. Artinya, selain memilih kain bahan pakaian dengan ukuran kenyamanan, fungsi, daya serap, ketahui cara tepat untuk mencucinya.

Selain kain sutra, kain yang seratnya akan rusak jika dicuci dengan mesin cuci antara lain velvet, chiffon, satin, dan kulit. Selain jenis kain tersebut, bisa dicuci dengan mesin cuci.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenali Mana yang Paling Nyaman, Begini 5 Tips Memilih Bahan Kain Pakaian.

Selain cara memilih kain bahan pakaian, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!