7 Tanaman yang Ditakuti Ular untuk Mencegahnya Masuk ke Rumah
Ilustrasi tanaman yang ditakuti ular (Pexels/GM Rajib)

Bagikan:

ACEH - Ular merupakan musuh alami tikus karena berperan sebagai predator dalam rantai makanan. Entah atas dasar pencarian makanan atau alasan lain, terkadang ular masuk ke pekarangan rumah manusia. Untuk mencegah hal tersebut, ada tanaman yang ditakuti ular (atau tak disukai) yang bisa Anda tanam di sekitar rumah.

Beberapa tanaman ini juga bisa memberikan manfaat lain bagi manusia. Jadi, tak hanya menjadi alat pengusir ular, tetapi juga bisa dimanfaatkan lebih jauh. Jika Anda penasaran, berikut VOI paparkan beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mencegah ular masuk ke rumah Anda.

Daftar Tanaman yang Ditakuti Ular

1. Marigold

Bunga marigold berwarna cerah, antara kuning atau putih. Mengutip Home and Garden Digest, bunga ini termasuk tanaman yang ditakuti ular. Bahkan dianggap paling ampuh karena bisa memancarkan aroma. Marigold memiliki akar kokoh dan mudah perawatannya.

2. Lidah mertua

Tanaman ini kerap diletakkan di dalam rumah karena bermanfaat membersihkan udara. Ular, ternyata juga enggan bersarang di daun-daun berbentuk tajam.

3. Serai

Selain tahan ketika musim kemarau, serai mudah dirawat sekaligus bisa menjadi bumbu makanan. Serai atau dikenal dengan lemongrass memang memendarkan aroma citrus yang kuat. Tanaman ini tidak hanya mengusir ular, tetapi juga nyamuk dan kutu.

4. Bawang putih

Hampir setiap rumah pasti menyimpan bawang putih sebagai stok bumbu di dapur. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli tanaman bawang putih yang ditakuti ular. Letakkan tanaman tersebut di lokasi yang paling lembap. Ular akan enggan membuat sarang di sana, karena bagi ular aroma bawang putih mengganggu.

5. Mugwort

Tanaman selanjutnya yang ditakuti ular, ialah mugwort. Tanaman ini dikenal sebagai bahan skincare produk. Selain itu, tumbuhnya mudah dan bersifat insektisida.

6. Snakeroot

Menanam tanaman ini memang perlu hati-hati. Karena tidak hanya dicap sebagai tanaman yang paling ditakuti ular, tetapi juga beracun. Snakeroot dengan nama ilmiah Agerantina altissima ini mengandung alkohol beracun yang bersifat mematikan.

7. Agapanthus merah muda

Anda mungkin tak asing dengan tanaman cantik yang dikenal dengan Blue African Lily. Ini merupakan salah satu varietas tanaman Agapanthus. Sedangkan agapanthus berwarna merah muda, bisa ditanam di pekarangan rumah dengan tujuan mengusir ular dan mengantisipasi supaya tidak masuk rumah.

Selain tanaman di atas, aroma yang kuat tidak disukai ular. Aroma tersebut menguar dari jeruk dan rempah-rempah. Bau tersebut menutupi kemampuan mereka membaui bau mangsanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Untuk Mengantisipasi Ular Masuk Rumah, Tanam 7 Jenis Tanaman yang Ditakuti Berikut Ini.

Selain tanaman yang ditakuti ular, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.