9 Tanaman Rambat Berbungan untuk Mempercantik Pargola
Ilustrasi tanaman rambat berbunga untuk pergola (Unsplash/Nadine Marechal)

Bagikan:

ACEH - Jalan untuk pejalan kaki dengan peneduh dari tanaman rambat di para-para atau pergola merupakan ornamen yang tak hanya fungsional tapi juga dekoratif. Ada banyak jenis tanaman rambat berbunga yang bisa dipilih untuk membuat pargola.

Jenis tanaman tersebut tak hanya bisa digunakan untuk pargola, tetapi juga bisa diletakkan di tempat lain sebagai pemercantik halaman rumah. Dengan demikian, bagian depan rumah Anda akan tampak lebih sejuk dan indah. 

Rekomendasi Tanaman Rambat Berbungan untuk Mempercantik Halaman

1. Bougenville

Bagi Anda yang hobi dengan tanaman hias, bungan ini tentu tak asing lagi. Tanaman bougenville sering digunakan sebagai tanaman hias pada pagar. Namun, tanaman ini juga bisa Anda terapkan pada pergola.

Ketika meninggi dan berbunga lebat, bougenville membuat rumah tampak lebih asri. Terlebih lagi, bunga bougenville tahan terhadap cuaca panas.

2. Alamanda

Tanaman hias merambat yang berbunga cantik, alamanda, mempunya bentuk yang mirip dengan bunga terompet. Bedanya, ukurannya lebih kecil dan warna bunganya kuning serta merah muda.

3. Curtain creeper

Tanaman merambat curtain creeper atau dikenal dengan Lee Kwan Yew bunganya berwarna kuning bersemu oranye. Ada juga yang berwarna putih serta merah muda. Ketika mekar sempurna akan menyerakkan aroma wangi. Bisa untuk menghias kanopi, pagar besi, maupun pergola di rumah Anda.

4. Morning glory

Bentuk bunganya sulit dibedakan dengan bunga telang. Meski keduanya berasal dari spesies yang berbeda, warnanya sama, yaitu biru keunguan.

5. Ivy

Ingin menciptakan peneduh rumah yang tumbuh cepat, ivy bisa jadi pilihan. Anda bisa meletakkan di lokasi yang tepat, seperti pagar rumah dan rangka besi untuk peneduh kendaraan.

6. Clematis

Pilihan lain untuk pergola adalah tanaman merambat dan berbunga yang disebut dengan clematis. Tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun dan memendarkan aroma harum.

Warna dari bunga clematis ada berbagai macam, antara lain ungu, merah muda, merah, putih, dan kuning.

7. Flame of Irian

Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, bunga flame of irian menggantung. Artinya apabila ditanam untuk pergola, bunganya akan tumbuh ke bawah dan terlihat indah.

8. Melati kosta

Melati kosta berwarna ungu ketika bunganya sedang kuncup. Ketika bunga bermekaran, warnanya akan berubah bersemu putih.

9.Wooly congea

Wooly congea merupakan nama ilmiah dari bunga yang dikenal dengan sebutan shower orchid. Warna bunganya manis, putih berparu dengan ungu dan merah muda. Ketika sudah mulai menua, warna bunganya berubah menjadi abu-abu.

Artikel ini telah tayang dengan judul 9 Rekomendasi Tanaman Rambat Berbunga untuk Pergola.

Selain tanaman rambat berbunga, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.