5 Tips Mengatasi Pikiran Toksik dalam Hubungan
Ilustrasi menghalau pola pikir toksik yang bisa menghancurkan hubungan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Pola pikir bisa sangat berpengaruh terhadap perasaan dan perilaku. Orang dengan pola pikir toksik rawan memiliki perasaan negatif dan melakukan tindakan yang tidak baik. Psikolog berlisensi Nicole Issa, menjelaskan bahwa pola pikir negatif bisa menghancurkan hubungan yang sangat baik. Tips mengatasi pikiran toksik dalam hubungan tentu dibutuhkan agar tidak menjadi duri dalam keromantisan.

Issa mengatakan, pikiran negatif bisa menyebabkan masalah. Salah satu contoh, pengalaman masa kecil bisa menyebabkan Anda berpikir bahwa Anda tidak layak dicintai orang lain. Buah dari ini adalah Anda akan dihantui prasangka atau pikiran bahwa Anda akan ditinggalkan pasangan. 

Dikutip VOI dari Bustle, menurut Joann Cohen, pelatih kencan, kenyataan dalam hubungan diciptakan oleh rasa percaya. Jika pasangan saling percaya bahwa hubungan mereka baik, maka keduanya akan berusaha agar hubungan mereka tetap baik.

Jika sejoli membangun hubungan dengan pikiran negatif, keduanya tak hanya mendapatkan balasan negatif dari pasangan, tetapi hasil hubungan juga tidak baik. Untuk mencegah pola pikir negatif yang berefek buruk pada hubungan, berikut tips yang bisa dilakukan. 

Tips Mengatasi Pikiran Toksik dalam Hubungan Asmara

1. Pisahkan masa lalu dan masa sekarang

Melepaskan masa lalu memang tak semudah diucapkan. Tetapi jika Anda terus membawa pengalaman lama ke pengalaman hubungan yang baru, maka Anda bisa menyabotase diri sendiri dan menciptakan kenyataan bahwa segala sesuatu tidak akan berhasil. Untuk mencegah pikiran beracun menciptakan kenyataan yang tak diinginkan, cobalah untuk memisahkan masa lalu dengan saat ini.

2. Salurkan energi untuk tetap rasional

Pikiran toksik memiliki cara untuk membuat Anda melakukan hal yang tak rasional dan menyabotase hubungan. Untuk mengekang supaya tindakan tetap disadari dan rasional, dokter Issa menyarankan untuk menemukan hal-hal untuk menyalurkan energi seperti meningkatkan keterampilan.

Alih-alih menghabiskan waktu mencari cara untuk mencari validasi atau kepastian bahwa pasangan Anda masih peduli, maka lebih baik mengisi waktu dengan hal lain yang positif. Saran Issa lagi, latih beberapa keterampilan untuk menurunkan perasaan intens sehingga tidak akan bertindak dengan cara yang akan disesali nanti.

3. Jangan berasumsi

Ketika Anda memproyeksikan pikiran negatif pada orang terdekat, maka yang Anda tangkap adalah hal negatif dari orang tersebut. Maka, saran Cohen, jangan pernah berasumsi. Jangan langsung mengambil kesimpulan. Setiap hal, komunikasikan dengan pasangan dan jangan pernah berasumsi bahwa Anda tahu bagaimana perasaan mereka.

4. Tuliskan pikiran toksik dan buat alternatif pikiran positif

Salah satu hal terbaik yang harus dilakukan adalah berefleksi, dengan menuliskan semua pikiran Anda yang mengarah pada pertengkaran. Setelah Anda menuilskannya, temukan pemikiran alternatif yang lebih akurat dan adaptif.

5. Bercerita pada satu orang yang dipercaya

Bercerita pada orang lain, atau profesional, bisa meredam pikiran buruk yang menghantui dan kemarahan. Saran Cohen, jika Anda benar-benar harus curhat, pilih satu orang saja. Cerita pada banyak orang hanya akan menumbuhkan pikiran negatif beranak-pinak.

Di atas ialah cara untuk mengatasi pikiran toksik yang berpotensi menghancurkan hubungan asmara. Karena pikiran bukan kenyataan, maka hindari membiarkan pikiran membuat Anda jauh dari bahagia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pola Pikir Toksik yang Bisa Menghancurkan Hubungan, Bisa Dihalau dengan 5 Cara Ini.

Selain tips menghilangkan pikiran toksik dalam hubungan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh