Tips Punya Rumah Sebelum Menikah meski Tidak Bergaji Tinggi
Ilustrasi punya rumah sebelum menikah (Unsplash/Tierra Mallorca)

Bagikan:

ACEH - Salah satu impian dari orang dewasa adalah punya rumah sebelum menikah. Hal tersebut bisa dilakukan, tetapi butuh strategi dan usaha yang tidak mudah. Itu mengingat harga properti semakin ke sini semakin tinggi.

Umumnya, Anda yang belum menikah belum punya banyak tanggungan rumah tangga sehingga bisa merencanakannya dari sekarang. Berikut VOI paparkan strategi untuk bisa punya rumah sebelum menikah dengan pendapatan Anda. 

Tips Punya Rumah Sebelum Menikah

1. Menabung setidaknya 30 persen total gaji

Jika Anda termasuk pegawau penerima gaji bulanan, cobalah membuat perhitungan secara matang. Alokasikan sebagian gaji untuk pengeluaran bulanan. Kemudian, alokasikan untuk pengeluaran tak terduga. Terakhir, alokasikan untuk menabung membeli rumah.

2. Target tabungan serta konsisten

Menabung tanpa target kurang membuat Anda bersemangatJadi, buatlah target nominal uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah. Yang harus diingat dan dilakukan, Anda harus konsisten dalam menabung. Pasalnya, kalau tidak rutin menabung akan lebih lama jangka waktu menabung dan lebih lama pula bisa membeli rumah.

Jangan lupa menghitung keperluan lain. Umumnya, jika membeli rumah dengan cara mencicil, cicilan dari bank sebesar 30 persen dari gaji. Dengan demikian, Anda tak hanya punya tabungan, tetapi juga terbiasa menyisihkan gaji sebagai cicilan properti

3. Menabung emas dan asuransi

Sulit menabung uang karena sering kecolongan dan diambil sebelum mencapai target? Anda bisa mencoba tabungan dalam bentuk emas atau asuransi. Tabungan dalam bentuk emas dan asuransi tidak mudah diambil seperti uang. Dengan demikian, Anda punya kesempatan panjang mempertimbangkan untuk mengambilnya demi keperluan yang tidak mendesak.

4. Rutin Memantau harga properti

Sebagai referensimu, kamu harus memantau harga properti secara rutin. Karena perkembangannya sangat cepat, maka jangan sampai terlewat mengetahui harga terbaru ya.

Kamu bisa mengeceknya melalui internet. Atau bisa dengan mengikuti akun-akun media sosial yang membidangi properti. Sesekali, pantau secara langsung lokasi yang paling kamu inginkan. Cek juga bagaimana kondisi terbaru disekitar lokasi tersebut.

5. Beli rumah dengan KPR

Terdapat dua cara membeli rumah, yaitu dengan cara dibayar tunai atau dengan kredit. Jika yang paling realistis dengan cara kredit, manfaatkan program KPR. KPR biasanya akan mempermudah, karena hanya diminta uang tunai untuk tanda jadi setelah pengecekan berkas. Setelah pengajuan kredit diterima, kamu bisa membayarnya dengan mengangsur. Nah, pastikan juga berapa besar angsuran serta uang tanda jadi. Ketahui dan cukupi juga seluruh berkas yang dibutuhkan.

6. Manfaatkan KPR bersubsidi

Rumah KPR dengan subsidi umumnya dialokasikan untuk penghasilan atau gaji jumlah tertentu. Harganya akan lebih murah sehingga bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Artinya rajin-rajinlah mencari informasi mengenai program KPR bersubsidi ini.

7. Datangi pameran rumah KPR 

Beberapa bank memberikan program untuk memudahkan calon pasangan muda memiliki rumah. Sebelum menikah dan berencana punya rumah, maka kamu perlu aktif mendatangi pameran rumah program KPR ataupun program lain dari bank yang memudahkanmu membeli rumah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa kok, Begini 7 Strategi Supaya Punya Rumah sebelum Menikah.

Selain tips punya rumah sebelum menikah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.