Tips saat Menantu Kurang Cocok dengan Mertua
Ilustrasi (Motortion/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Saat seseorang menikah, bisa dibilang orang tersebut tak hanya menikahi pasangan, tetapi juga keluarganya. Sayangnya, perasaan yang meluap kepada pasangan belum tentu ada kepada orang tua pasangan. Tak jarang bisa terjadi konflik, entah batin maupun nyata, dengan mertua. Anda perlu tips menantu kurang cocok dengan mertua untuk menghindari sakit hati yang berkelanjutan.  

Jangan sampai kurang cocoknya Anda dengan mertua berpengaruh kepada hubungan Anda dengan pasangan. Berikut tips dari VOI yang perlu Anda coba jika merasa kurang cocok dengan mertua. 

Tips Menantu Kurang Cocok dengan Mertua

Komunikasi dengan pasangan

Dilansir Very Well Mind, langkah pertama adalah membicarakan kekhawatiran Anda dengan pasangan. Bisa jadi, pasangan sama sekali tidak menyadari ketegangan antara Anda dan anggota keluarganya. Dengan memberi tahu, setidaknya pasangan bisa membantu menengahi situasi. Jika dia tidak mau atau tidak mampu membantu, maka Anda harus mengambil tindakan sendiri.

Hindari topik pembicaraan sensitif

Ada topik-topik tertentu yang berpotensi menimbulkan konflik antara Anda dengan mertua, misalnya politik, agama, atau gaya pengasuhan anak. Daripada berujung ribut, sebaiknya hindari pembahasan hal-hal tersebut. Jika Anda tak bisa menghindar, hormatilah dan coba lihat segala sesuatu dari sudut pandang mereka.

Jika ada perbedaan pendapat, coba diskusi dengan cara yang tenang dan penuh hormat. Hindari kritik secara terbuka karena hanya akan memperburuk keadaan.

Tetapkan batas dengan mertua

Sangat penting menetapkan batasan dengan mertua terutama jika mereka suka memaksa atau ikut campur dalam hidup Anda atau urusan rumah tangga Anda. Komunikasikan hal tersebut dengan pasangan, kemudian beri tahu mertua mengenai apa yang membuat Anda nyaman dan tidak nyaman. Jangan takut untuk mengatakan "tidak" kepada mertua.

Menjadi orang yang tak mudah tersinggung

Akan ada saat dimana mertua mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti perasaan Anda. Jadi, penting untuk tidak mudah tersinggung atau memasukkan hal-hal tersebut dalam hati. Mungkin mereka tak bermaksud menyakiti dan penting untuk diingat kalau mereka hanyalah manusia biasa.

Terima mertua apa adanya

Mertua Anda sulit berubah, atau bahkan tak akan berubah. Jadi, cobalah belajar menerima mereka apa adanya. Berusaha keras mengubah mereka hanya akan menimbulkan ketegangan dan konflik. Jadi, fokuslah untuk berusaha menerima mertua dan mencari jalan untuk membangun hubungan baik dengan mertua.

Kenang momen baik

Meski hubungan Anda dengan mertua tidak selalu harmonis, tapi pasti ada momen baik atau menyenangkan untuk dikenang. Hargai momen tersebut dan bersyukurlah untuk itu. Mempraktikkan rasa syukur terbukti berdampak positif pada kesejahteraan. Jadi, jika pikiran Anda lebih positif kemungkinan besar hubungan Anda dan mertua akan lebih baik.

Ekspresikan perasaan Anda

Jika ada yang Anda kurang suka dari mertua, coba sampaikan dengan jujur. Pilih waktu dan cara terbaik untuk mengekspresikan perasaan Anda tanpa harus menyakiti. Sangat penting menemukan cara melepaskan kemarahan, frustrasi, dan rasa sakit yang dirasakan. Sebab jika tidak, emosi negatif ini hanya akan tumbuh menjadi penyakit hati.

Sabar

Membangun hubungan yang kuat dengan mertua membutuhkan waktu dan kesabaran. Bersabarlah dan lebih mengerti akan keadaan sehingga pada akhirnya Anda dan mertua dapat membangun ikatan kekeluargaan yang kuat.