5 Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika NTB
Ilustrasi destinasi wisata dekat sirkuit Mandalika, Bukit Merese (Instagram/@wonderfulIndonesia)

Bagikan:

ACEH - Tahun ini sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi ajang balap sepeda motor MotoGP. Sirkuit ini berada di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jika Anda sudah punya rencana untuk menonton MotoGP secara langsung, ada tempat wisata dekat sirkuit Mandalika yang sebaiknya tidak dilewatkan.

Keindahan alam NTB tak perlu dipertanyakan lagi. Jadi, jika Anda ingin menikmati wisata alam, beberapa tempat di dekat Mandalika akan memanjakan mata Anda. Berikut VOI sajikan 5 tempat wisata di dekat Mandalika.

Daftar Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika NTB

1. Bukit Merese

Bukit Merese terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Kecamatan Pajut, Lombok Tengah. Di bukit ini mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam berupa Pantai Tanjung Aan.

Di tempat ini, aktivitas paling cocok dilakukan ketika traveling di tempat ini adalah bersantai sambil memandangi birunya air laut serta horizon berbukit. Mengobrol dengan orang terkasih sambil minum kopi khas NTB juga sangat menarik.

2. Desa Adat Sade

Dikenal sebagai desa wisata, Desa Sade menyimpan hasil budaya masyarakat setempat. Berupa rumah adat hingga pengrajin tenun ikat dan tenun Lombok yang dikenal mendunia. Letaknya masih dalam satu kecamatan dengan Bukit Merese, yaitu di Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

3. Desa Mertak

Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Anda bisa menikmati pengalaman berwisata yang tak biasa di Desa Mertak. Disebut dengan one-stop-destination, di desa ini Anda bisa dalam satu waktu menikmati pantai, pegunungan, serta hutan bakau.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Ketika mencari tempat yang tenang bersuhu lebih rendah, di Taman Wisata Pusuk Sembalun Anda bisa menikmatinya. Kawasan taman wisata ini terletak di Jalan Wisara Rinjani, Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Kawasan ini paling pas jika dikunjungi bersama keluarga. Bersantai di dataran tinggi dengan udara segar dan pemandangan indah tentu mengasyikkan. Pusuk, berasal dari bahasa Sasak, yang berarti ‘puncak’. Ketinggiannya 900 meter di atas permukaan laut. Bentangan vegetasi hijau nan rimbun. Penduduk setempat membangun gardu pandang sebagai spot wisata yang bisa Anda manfaatkan untuk memotret fenomena alam yang indah.

5. Air Terjun Mangku

Masih di kawasan Lombok Timur, tercurah air segar dan bening dari air terjun Mangku. Nama lengkap tempat ini disebut Air Terjun Mangku Sakti, satu desa dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun. Mengutip laman Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, air terjun ini terletak di kawasan kaki Gunung Rinjani. Berdasarkan cerita rakyat, dahulu kala menjadi tempat bertapa seorang mangku  sakti. Hingga tutup usia, mangku bertapa di air terjun ini.

Kelima destinasi di atas, mana yang ingin dijadikan list dalam perjalanan wisata Anda. Selain kelima di atas, Anda juga bisa menikmati destinasi pantai berpasir terang di sekitar sirkuit Mandalika.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Jauh dari Sirkuit, Ini 5 Destinasi Wisata di Mandalika.

Selain tempat wisata dekat sirkuit Mandalika, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.