Jelang MotoGP Mandalika, Satlantas Polres Lombok Tengah Gelar Simulasi Kecelakaan
Polisi gelar simulasi kecelakaan lalu lintas jelang MotoGP/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Satlantas Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas demi mendukung MotoGP Mandalika. Seri kedua MotoGP akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, pada 18--20 Maret 2022.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapan anggota melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia," terang Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 Maret, dikutip VOI.

Simulasi Lakalantas Jelang MotoGP Mandalika

Simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas hari pertama digelar di By Pass Bil baru, tepatnya di Km 5,175 menuju Bundaran Songgong, dengan perkiraan waktu tempuh dari unit Laka Timur (Pos Songgong) ke TKP Laka KM 5,175 sekitar 14 menit dengan jarak tempuh 13 km.

Selanjutnya dari TKP menuju Rumah Sakit Mandalika dengan waktu tempuh 10 menit dan jarak tempuh 9 KM melalui rute underpass menuju bundaran luar Bandara Internasional Lombok dan menuju Rumah Sakit Mandalika.

"Total waktu dari pos unit laka sampai dengan Rumah Sakit Mandalika, setelah olah TKP selama 24 menit, dengan total jarak tempuh 22 KM," terangnya.

Ia menjelaskan, simulasi tersebut bertujuan untuk melatih kesiapan anggota satlantas, terutama Unit Lakalantas Polres Lombok Tengah bersama instansi terkait ajang MotoGP sehingga dengan kesiap-siagaan tersebut setiap kejadian lakalantas bisa ditangani secara cepat dan tepat.

"Sehingga bisa mengurangi fatalitas korban kecelakaan pada saat terjadinya lakalantas," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Djoko Poerwanto, memantau lokasi yang menjadi titik kumpul para penonton guna memastikan kesiapan dan kelancaran arus lalu lintas menuju lokasi MotoGP di sirkuit Mandalika.

"Kami ingin memastikan seluruh penonton yang datang ke Sirkuit Mandalika merasa nyaman, tidak terkena macet dan tak berdesak-desakan mengantre panjang untuk menonton MotoGP," katanya.

Pengaturan Parkir dan Penonton MotoGP

Ia menerangkan, para penonton yang menggunakan kendaraan akan diarahkan di beberapa titik tempat parkir yang telah disiapkan. Salah satu tempat parkir adalah Parkir Timur di area sirkuit Mandalika yang menjadi tempat parkir ribuan kendaraan dan kemudian penonton diantar langsung menggunakan shuttle bus ke pintu masuk sirkuit.

"Sebelumnya penonton harus melakukan penukaran tiket menjadi gelang di beberapa tempat yang telah disiapkan," katanya.

Djoko berharap supaya seluruh pengamanan ajang MotoGP Indonesia tersebut berjalan lancar, baik itu lalu lintas kendaraan sampai penonton menuju Sirkuit Mandalika.

"Tujuan pengamanan itu lancar. Jadi semua aspek tempat, tempat berhenti (kendaraan), tempat tukar tiket, tempat berputar bus itu yang kami pelajari," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polisi Gelar Simulasi Kecelakaan Lalu Lintas Jelang MotoGP Mandalika.

Selain MotoGP Mandalika, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.