Mengenal 4 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Kacang polong biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Kacang ini juga bisa dimakan langsung sebagai camilan. Bukan sekadar camilan, soalnya ada manfaat kacang polong untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan setelah mengonsumsinya.

Dikutip VOI dari Real Simple, dalam setiap porsi berukuran setengah cangkir (sekitar 170 gram) kacang polong terdapat 62 kalori, sejumlah vitamin, mineral, serta nutrisi makro. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didaparkan dari kacang polong. 

Beberapa Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

Perbaikan Pencernaan

Dalam setengah cangkir kacang polong segar terdapat 4 gram serat. Jumlah serat yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 21--26 gram per hari. Serat tak larut yang terkandung dalam kacang polong bermanfaat memberi rasa kenyang, mengatur nafsu makan, dan memperbaiki pencernaan.

Menyehatkan jantung

Mengonsumsi makanan kaya serat baik untuk kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Selain dari kandungan seratnya yang tinggi, kacang polong mengandung banyak mineral yang bisa menyehatkan jantung, seperti magnesium, potasium, dan kalsium.

Kalsium penting untuk menjaga tekanan darah, dan kalsium dari sumber makanan (dan bukan dari suplemen) telah terbukti mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit jantung, sedangkan magnesium bertanggung jawab untuk mengangkut kalsium dan potasium ke jantung.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kacang polong pada dasarnya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan Anda, termasuk 13 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan, ditambah kandungan vitamin E, zinc, dan antioksidan untuk membantu tubuh Anda melawan berbagai infeksi.

Membantu mengatur gula darah

Kacang polong segar memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah, sehingga menjaga agar gula darah anda tidak melonjak naik. Serat dan protein dalam kacang polong juga dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Jadi Pelengkap Masakan, Ini 4 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan.

Selain manfaat kacang polong untuk kesehatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh