Berbagai Makanan Sumber Kalium untuk Mengontrol Tekanan Darah
Ilustrasi bahan makanan (Unsplash/Katie Smith)

Bagikan:

ACEH – Orang dengan tekanan darah tinggi perlu menghindari makanan yang mengandung sodium atau natrium. Sementara, manfaat makanan yang mengandung kalium adalah menetralisir efek natrium sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Semakin banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, semakin banyak pula natrium yang larut bersama urin. Dikutip VOI dari American Heart Association, kalium dapat berbahaya apabila dikonsumsi oleh pasien dengan penyakit ginjal. Dengan begitu, konsumsi makanan yang mengandung kalium ternyata juga tidak bisa seenaknya sendiri.

Mengenai seberapa banyak makanan mengandung kalium yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan, diskusikan dengan dokter Anda. Pada orang dewasa yang sehat dan memiliki tekanan darah diatas 120/80 bisa memasukkan makanan mengandung kalium sebagai menu diet sehat.

Contoh Makanan Tinggi Kalium untuk Mengontrol Tekanan Darah

Kebutuhan asupan kalium dalam diet sehat pada orang dewasa rata-rata 4.700 miligram setiap per hari. Jenis makanan yang mengandung kalium untuk menu diet DASH (Dietary Aprroaches to Stop Hypertension), antara lain pisang berukuran sedang dan setengah cangkir ubi jalar tumbuh.

Jenis makanan yang kaya kalium, antara lain aprikot, alpukat, semangka, melon, susu rendah lemak atau tanpa lemak, yoghurt bebas lemak, jeruk bali, jamur, kacang polong, kentang, plume, ikan pecak, bayam, tomat, dan tuna.

Gejala kalium tinggi pada tubuh, umumnya jarang dialami bagi penderita tekanan darah tinggi. Kalium tinggi atau disebut hyperkalemia gejalanya antara lain sakit perut, denyut nadi rendah, dan badan lemah tanpa sebab hingga pingsan.

Karena banyaknya suplemen makanan tambahan yang mengandung kalium, jika akan mengonsumsinya konsultasikan pada dokter ya. Bila mencoba pengganti garam yang mengandung sodium atau natrium juga perlu konsultasi pada profesional kesehatan supaya tekanan darah tetap terkontrol.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Pisang, Makanan Ini Mengandung Kalium yang Bermanfaat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi.

Selain mengontrol tekanan darah, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.