Oyong, Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat
Ilustrasi tanaman luffa acutangula atau oyong (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Kadar asam urat yang tinggi dalam darah disebut penyakit gout atau penyakit asam urat. Penderita penyakit ini mesti mengurangi purin yang merupakan hasil metabolisme protein kemduian dibentuk menjadi kristal.

Jika terjadi penumpukan pada bagian persendian lengan bisa menyebabkan ngilu. Untuk menghindari hal tersebut, diet ketat perlu dilakukan oleh penderita asam urat.

Seperti dilansir RSUD Kota Tangerang, penderita asam urat mesti menghindari makanan sumber protein dan purin, kurang dari 150 miligram per 100 gram.

Oyong Termasuk Sayuran yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Sejumlah jenis sayuran pun harus dihindari, seperti kacang polong, bayam, bunga kol, kangkung, asparagus, dan biji melinjo. Meski begitu, ada pula sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, seperti labu siam, wortel, kacang panjang, timun, terong, pare, labu air, selada air, selada, tomat, lobak, buncis, dan oyong.

Sayur oyong atau gambas biasanya diolah menjadi sayur bening atau sup. Tanaman ini termasuk suku labu-labuan, nama latinnya adalah Luffa acutangula. Termasuk tanaman merambat dan bisa tumbuh dimanapun sehingga memudahkan cara tanam di kawasan sub tropis.

Panjang buah oyong atau Chinese okra kurang lebih 15 sampai 25 sentimeter, diameternya antara 5 sampai 7 sentimeter. Ketika buah ini dimasak, rasanya samar-samar manis dengan tekstur yang lembut seperti spons. 

Oyong mengandung kalsium, vitamin C, vitamin A, protein, zat besi, dan serat. Zat besi berupa magnesium dan potasium dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi yang disebabkan oleh asam urat dan kram otot. Oyong juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut.

1.    Menjaga kesehatan mata

2.    Meminimalisir risiko anemia

3.    Mengurangi risiko diabetes tipe 2

4.    Menyembuhkan migraine

5.    Menjaga kesehatan kulit dan merangsang ASI 

Di India, dikenal dengan sebutan sinkwa dan torai yang masih satu keluarga Cucurbitaceae dengan labu, melon, dan timun.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Sayur Oyong, Bermanfaat Sembuhkan Asam Urat dan 5 Penyakit Lainnya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!