6 Tips Membangunkan Cinta pada Pasangan
Ilustrasi tips jatuh cinta lagi pada pasangan (Freepik/Halayalex)

Bagikan:

ACEH - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa cinta kepada pasangan tak seindah dulu meski hangatnya hubungan tetap terjaga. Jika Anda ingin merasakan gelora asmara seperti masa awal menjalin hubungan, ada beberapa cara membangunkan cinta pada pasangan yang bisa Anda lakukan.

Menurut Lisa Firestone, psikolog klinis, penulis, dan peneliti, kehilangan perasaan cinta kepada pasangan merupakan hal vital karena rasa itu yang mengencangkan ikatan. Hubungan Anda dengan pasangan juga semakin aman ketika perasaan terjaga. 

Terkait hal tersebut, Firestone memberikan rekomendasi prilaku proaktif yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan kembali perasaan cinta kepada pasangan. Berikut tipsnya dikutip VOI dari Psychology Today.

Beberapa Tips Membangunkan Cinta pada Pasangan

1. Menahan sikap kritis

Sikap kritis bisa mengundang asumsi, bahkan mendistorsi tindakan pasangan jadi terlihat "tidak menarik". Firestone menjelaskan, orang cenderung menjadi sangat kritis karena memproyeksikan sifat-sifat negatif dari orang tua atau pengasuh ke pasangan mereka.

Akibat hal tersebut, orang jadi cenderung menganggap pasangan akan bertindak dengan cara yang sama untuk menyakiti masa lalu. Oleh karena itu, mereka sering menilai tindakan pasangannya keliru.

Jika Anda ingin tetap jatuh cinta, jauh lebih baik Anda memperhatikan suara hati yang kritis dan menolaknya. Itu bukan berarti hidup dalam fantasi dan mengabaikan kekurangan pasangan Anda yang sebenarnya, tetapi coba untuk bersikap welas asih dan jujur. Suara hati, menurut Firestone, akan menghangatkan perasaan Anda yang dingin.

2. Memperlakukan dengan baik

Kedengarannya klise, tetapi kebaikan benar-benar membangun situasi yang baik untuk saling mencintai dalam sebuah hubungan asmara. Penelitian menunjukkan bahwa mengambil lebih banyak tindakan penuh kasih, membuat Anda merasa lebih jatuh cinta dalam interaksi apa pun, termasuk dengan pasangan Anda baik secara pribadi maupun praktis.

3. Apa yang Anda sukai dari pasangan

Apa yang Anda sukai dan hargai dari pasangan adalah kualitas yang Anda kagumi. Karakter pasangan yang Anda sukai juga memberikan kegembiraan. Misalnya, rekan Firestone mengatakan bahwa ia menyukai cara suami bermain dengan anak-anak setelah hari yang panjang. Contoh lainnya, cara pasangan untuk tidak menghakimi ketika mengatakan hal-hal yang memalukan.

4. Lakukan hal baru

Saat pertama kali jatuh cinta, dalam beberapa hal, Anda mungkin banyak cerita secara terbuka pada pasangan. Ini memang perlu saling dilakukan. Namun untuk menyegarkan cerita di samping rutinitas memenuhi tanggung jawab, Anda bisa melakukan hal baru agar Anda dan pasangan merasa lebih hidup.

5. Pertahankan dan dukung kepentingan pribadi 

Tetaplah menjadi diri sendiri dalam payung hubungan asmara. Sebab kualitas-kualitas diri yang membuat pasangan jatuh cinta kepada Anda dan membuat Anda jatuh cinta pada pasangan Anda. Jadi, pesan Firestone, jangan pernah lupa bagaimana rasanya menjadi diri sendiri!

6. Bicara secara pribadi

Sebagian besar pasangan punya masalah dengan komunikasi, misalnya berbicara berputar-putar da tidak membicarakan sesuatu yang pribadi untuk jangka waktu yang lama. Jika mengalami ini, cobalah untuk meluangkan waktu untuk membicarakan hal nyata secara lebih dalam.

Tanyakan tentang apa yang pasangan Anda pikirkan dan rasakan. Menurut Firestone, selalu ada sesuatu yang baru untuk ditemukan tentang satu sama lain, jika Anda terus menunjukkan minat, Anda akan tetap merasakan cinta satu sama lain.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Bersemi Kembali, 6 Cara Jatuh Cinta Lagi pada Pasangan Anda.

Selain cara membangunkan cinta pada pasangan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.